Alusia, Yusi and Nurhayati, Darubekti and Lailatus, Sa'diyah (2023) ANALISIS KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN DIGITAL UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI YUSI - Yusi Alusia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
kualitas layanan diterapkan sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan dari sebuah
perpustakaan. Tolak ukur ini digunakan untuk meningkatkan suatu kualitas
layanan, sehingga memungkinkan agar pustakawan atau staf perpustakaan lebih
memfokuskan permasalahan atau apa saja yang perlu segera ditangani oleh
perpustakaan, terutama layanan perpustakaan digital. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui kualitas layanan perpustakaan Digital UIN Fatmawati Sukarno
Bengkulu. Metode penelitian menggunakan metode DigiQUAL dengan jenis
penelitian kuantitatif deskriptif, dengan jumlah sampel sebanyak 87 responden
pengguna aktif perpustakaan digital dan teknik pengambilan sampel yaitu dengan
metode simple random sampling. Hasil penelitian pada layanan Perpustakaan
Digital UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu memperoleh nilai dari sembilan
dimensi kualitas layanan meliputi: Accessibility, navigability, interoperability,
collection building, resources use, evaluating collection, digital library as
community for users, role of federation, dan digital library sustainability.
Keseluruhan perolehan total seluruh dimensi dari nilai Adequacy Gap (AG) yaitu
0,39 hasil ini menunjukkan keseluruhan kualitas layanan Perpustakaan Digital
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu telah memenuhi harapan minimum dari
pemustaka atau cukup puas. Sedangkan, perolehan nilai total Superiority Gap
(SG), yaitu -0,70 dengan nilai skor tersebut berada pada batas toleransi atau
dinilai baik. Sehingga menunjukkan hasil “Analisis Kualitas Layanan
Perpustakaan Digital UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu” adalah baik dan telah
memenuhi harapan minimum pemustaka namun belum mencapai harapan ideal.
Perolehan nilai skor AG dan SG terendah berada pada dimensi collection building
yang berkaitan dengan peningkatan dan pembaharuan koleksi perpustakaan
dengan perolehan nilai AG yaitu: 0,27 dan nilai SG yaitu -0,56. Perbaikan yang
utama perlu dilakukan tentunya pada dimensi collection building
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Journal |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 07:11 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 07:11 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21731 |