SISKA, WIDIA ASTUTI and Subanrio, Subanrio and Adi, Bastian Salam (2017) TINJAUAN HUKUM TERHADAP PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN AGAMA DI SEKOLAH SINT CAROLUS KOTA BENGKULU (Kajian Menurut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Hukum Islam). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SISKA OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Pendidikan agama sangat penting di dalam kehidupan terutama
bagi perkembangan anak diharapkan tumbuh menjadi seseorang yang
memiliki akhlak yang baik selain di dalam keluarga pendidikan agama juga
diterapkan dalam sekolah dan salah satu mata pelajaran yang wajib yaitu
pendidikan agama tetapi khususnya sekolah swasta keagaman seperti di
SMA Sint Carolus Kota Bengkulu siswa yang selain beragama Katolik
kurangnya di ajarkan pendidikan agama.Berdasarkan uraian yang termuat
dalam latar belakang diatasdapat dirumuskan permasalahanya yakni,
apakah penyelenggaraan pendidikan agama di Sekolah SMA Sint Carolus
di Kota Bengkulu sesuai dengan Pasal 12 ayat (1) a Undang-undang
No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan apakah
penyelenggaraan pendidikan agama Islam di SMA Sint Carolus sudah
sesuai dengan Konsep Hukum Islam. Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian hukum empiris, sedangkan
pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
deskriptif. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian bahwa
penyelenggaraan pendidikan agama di SMA Sint Carolus Kota Bengkulu
berbeda dengan pelajaran agama di sekolah umum tetapi diganti dengan
matapelajaran religiositas, mengacu pada UU No.20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 12 ayat (1) a di SMA Sint Carolus
Kota Bengkulu belum terpenuhi secara maksimal ini dikarenakan SMA
Sint carolus tidak hanya menerima peserta didik dari kalangan Katolik saja
dan oleh guru yang mengajar tidak seagama dengan peserta didik.
Penyelenggaraan pendidikan agama Islam di SMA Sint Carolus belum
sesuai dengan konsep Hukum Islam karena dari penyelenggaraan belum
sampai ke pembatinan dan berpedoman dengan al-Qur’an karena siswa
muslim masih mengikuti tatacara dan ikut serta dalam ritual agama
Katolik.
Kata kunci :Tinjauan Hukum Pendidikan Agama
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law Science |
Depositing User: | Irma Rohayu, S.IPust |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 02:37 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 02:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21775 |