Joshuwah, Oswandi and Fenny, Marietza and Abdullah, Abdullah (2023) PENGEMBANGAN SOFT SKILL MAHASISWA AKUNTANSI DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (Studi Kasus pada Perguruan Tinggi di Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
Skripsi Joshuwah Oswandi C1C018019 - Joshuwah Oswandi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Meningkatknya proses otomatisasi di era revolusi industri 4.0 berdampak 
pada berbagai pekerjaan termasuk pekerjaan akuntan. Untuk dapat beradaptasi di 
era industri 4.0 ini, seorang akuntan harus memiliki keterampilan lebih selain ilmu 
pengetahuan yang didapat di bangku kuliah, keterampilan ini disebut dengan soft 
skill. Namun, pada kenyataannya masih banyak akuntan yang kurang menguasai 
soft skill. Permasalahan tersebut tentunya tidak lepas dari peran perguruan tinggi 
sebagai penyedia lulusan akuntansi. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk 
mendeskripsikan peran perguruan tinggi khususnya prodi akuntansi dalam 
pengembangan soft skill mahasiswa akuntansi di era revolusi industri 4.0.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi 
kasus. Informan dalam penelitian ini berasal dari empat perguruan tinggi di Kota 
Bengkulu (Universitas Bengkulu, Universitas Dehasen, Universitas Prof. Dr. 
Hazairin, SH, dan Universitas Muhammadiyah Bengkulu), yang terdiri dari empat 
pengelola jurusan akuntansi, empat pengelola organisasi mahasiswa akuntansi, 
dan satu manajer pusat MBKM. Data yang digunakan dalam penelitian ini 
diperoleh melalui wawancara langsung. dengan metode analisis data berupa 
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perguruan Tinggi di Kota 
Bengkulu telah mengembangkan soft skill mahasiswa akuntansi melalui program 
MBKM, mata kuliah khusus soft skill, mengintegrasikan pengembangan soft skill
dalam pembelajaran, kegiatan organisasi, PKM, seminar, serta pelatihan dan ujian 
kompetensi soft skill. Organisasi mahasiswa akuntansi juga berperan dalam 
pengembangan soft skill mahasiswa akuntansi melalui proker pelatihan soft skill, 
kegiatan seminar, mengadakan event dan lomba-lomba. Dalam pelaksanaan 
kegiatan pengembangan soft skill tersebut organisasi mahasiswa mendapatkan 
dukungan dari perguruan tinggi berupa dana, pemateri, dan jasa konsultasi.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan mahasiswa program studi 
akuntansi dapat memahami lebih baik upaya pengembangan soft skill yang telah 
dilakukan oleh perguruan tinggi di Kota Bengkulu khususnya prodi akuntansi. 
Sehingga mahasiswa akuntansi dapat memanfaatkan program pengembangan soft 
skill dengan lebih baik. Selain itu pengelola program studi akuntansi dan perguruan tinggi Kota Bengkulu juga dapat memahami dan mengevaluasi kembali 
keadaan pengembangan soft skill mahasiswa akuntansi saat ini. Baik 
pengembangan soft skill yang sudah terlaksana dengan baik ataupun yang masih 
dapat ditingkatkan, sehingga kedepannya dapat menjadi lebih baik.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | Faculty of Economy > Department of Accounting | 
| Depositing User: | 56 nanik rahmawati | 
| Date Deposited: | 01 Oct 2024 03:57 | 
| Last Modified: | 01 Oct 2024 03:57 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21782 | 

