ANALISIS DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN LUBUK DURIAN – LUBUK SINI DI PROVINSI BENGKULU TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDY KASUS : DESA PERBO, DESA JOGYA BARU, DESA BATU BERIANG,DESA PEMATANG TIGA )

Muhammad, Rasyid Ghoni and Izharuddin, Izharuddin and Lela, Rospida (2023) ANALISIS DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN LUBUK DURIAN – LUBUK SINI DI PROVINSI BENGKULU TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDY KASUS : DESA PERBO, DESA JOGYA BARU, DESA BATU BERIANG,DESA PEMATANG TIGA ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Tesis M. Rasyid Ghoni.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Pembangunan suatu bangsa bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan
mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyatnya. Jaringan jalan merupakan
salah satu faktor pendukung keberhasilan suatu pembangunan. Karena, jalan
berperan untuk pemindahan barang dan manusia sehingga diperlukan jaringan
jalan yang memadai. Akses jalan yang baik diperlukan untuk melakukan mobilitas
dari satu tempat ke tempat lain jalan menjadi penting keberadaannya karena jalan
yang baik dan akses yang mudah dijangkau akan membuat masyarakat menjadi
lebih mudah untuk melakukan segala aktivitas perpindahan terutama untuk arus
pertukaran ekonomi dari satu tempat ke tempat lain. Jalan Lubuk Durian – Lubuk
Sini memiliki total panjang Ruas 44,30 Km dengan Persentase kondisi Baik
sepanjang 21,65 Km ( 48,87% ), kondisi Sedang Sepanjang 9 Km ( 20,32 % ),
kondisi Rusak Ringan Sepanjang 2,25 Km (5,08 % ), kondisi Rusak Berat
Sepanjang 11, 40 Km ( 25,73 % ), berdasarkan data Inventarisasi Jalan Provinsi
Bengkulu Tahun 2023. Jalan ini sangatlah strategis selain menghubungkan 2
Kabupaten jalan ini juga bisa menjadi jalur alternatif utama bagi masyarakat yang
ingin berpergian dari Kabupaten Bengkulu Utara menuju Kabupaten Bengku
Tengah, Kabupaten Kepahiang serta Kabupaten Rejang Lebong maupun
sebaliknya karena jalan ini memotong waktu tempuh kurang lebih 1 – 2 jam
perjalanan tanpa harus memutar terlebih dahulu ke Kota Bengkulu jika kondisi
jalan ini mantap secara keseluruhan, akan tetapi selama ini ruas jalan ini belum di
manfaatkan secara utuh oleh masyarakat dikarenakan kendala kondisi jalan yang
sangat buruk yang dimana akses jalan ini hanya bisa dilewati oleh jenis mobil
tertentu antara lain mobil double garden. Berdasarkan latar belakang masalah di
atas dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang akan di angkat dalam penelitian
ini antara lain: Bagaimana perekonomian masyarakat sekitar simpang Lubuk
Durian - Lubuk Sini sebelum di bangunnya jalan, Bagaimana dampak
VIII
IX
pembangunan jalan Lubuk Durian – Lubuk Sini bagi perekonomian masyarakat
sekitar setelah jalan selesai di bangun
Penelitian Dampak Pembangunan jalan Lubuk Durian – Lubuk sini terhadap
perekonomian masyarakat bertujuan untuk menganalisis Perekonomian
masyarakat baik sebelum dan sesudah dibangunnya jalan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif, Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi langsung dengan
menggunakan kuesioner/angket yang disebarkan kepada 80 KK yang berada di 4
desa serta wawancara dengan 4 Kepala desa tersebut. Metode analisa yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif yang
menggambarkan fenomena keadaan sebenarnya, melaporkan apa adanya sesuai
data – data yang di peroleh di anlisa menggunakan Skala likert yang bertujuan
untuk mengukur persepsi responden dan di analisa dengan menggunakan tabulasi
serta grafik yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan dan juga
di kuatkan dengan hasil wawancara oleh 4 Kepala Desa. dengan klasifikasi hasil
penelitian adalah sebelum Pembangunnan jalan variabel tingkat Aksesbilitas
memiliki rata-rata penilaian 1,6 dengan kategori sangat rendah dan mengalami
kenaikan setelah pembangunan jalan dengan rata-rata 4,4 dengan kategori sangat
tinggi. Untuk variabel Pendapatan yang awalnya sebelum Pembangunan jalan
dengan nilai rata-rata 1,7 dengan kategori sangat rendah naik menjadi 4,2 setelah
adanya pembangunan jalan dengan kategori tinggi. Untuk variabel kesempatan
kerja dengan nilai rata-rata 1,3 dengan kategori sangat rendah tidak signifikan
berubah hanya meningkat menjadi 2,0 dengan kategori rendah. Sedangkan untuk
variabel jenis mata pencaharian sebelum dan sesudah pembangunan jalan ada
sedikit pergesaran dari petani ke pedagang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penmbangunan jalan perekonomian
masyarakat di 4 desa yang di teliti menunjukan nilai rata-rata kelas interval Sangat
rendah dan Pembangunan jalan telah berhasil meningkatkan perekonomian
Masyarakat yang dilihat dari indikator Aksesbilitas, Pendapatan, Jenis mata
pencaharian dengan nilai rata – rata kelas interval sangat tinggi. Dan masyarakat
percaya dengan adanya pembangunan jalan maka kesempatan kerja akan terbuka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Development Planning Program
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Oct 2024 07:44
Last Modified: 02 Oct 2024 07:44
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21794

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200