Deni Hendra, Ongkiani and Rina, Suthia Hayu and Armelly, Armelly (2023) FAKTOR ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI SYARIAH BENGKULU BERJAMAAH DALAM PEMBELIAN DI 212 MART BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis Deni Hendra C2B019032 - Deni Hendra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Koperasi Syariah Bengkulu Bermajaah memiliki 822 orang anggota. Setiap
anggota KSBB menyertakan modal sebesar Rp 500.000 s.d Rp 20.000.000
sehingga KSBB membuat unit usaha 212 Mart Bengkulu. Namun pada
kenyataannya masih rendahnya tingkat partsipasi anggota KSBB dalam pembelian
di 212 Mart Bengkulu. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
penyebab rendahnya partisipasi anggota Koperasi Syariah Bengkulu Berjamaah
dalam pembelian di 212 Mart Bengkulu.
Menurut beberapa penelitian terdahulu terdapat 38 faktor yang
mempengaruhi partisipasi anggota Koperasi melakukan pembelian. Namun,
penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab rendahnya partisipasi
anggota Koperasi Syariah Bengkulu Berjamaah dalam pembelian di 212 Mart
Bengkulu. Sehingga peneliti menduga 38 faktor tersebut tidak maksimal
dilakukan dan diduga menjadi penyebab rendahnya partisipasi anggota Koperasi
Syariah Bengkulu Berjamaah dalam pembelian di 212 Mart Bengkulu.
Penelitian ini bersifat deskriptif yang dianalisis dengan pendekatan
kuantitatif menggunakan Explanatory Factor Analysis. Tahap awal, peneliti
menyebarkan kuesioner dengan pernyataan berskala likert (1 – 5) kepada 262
responden menggunakan metode accidential sampling. Selanjutnya, dilakukan
pemilihan variabel dengan uji validitas dan uji reabilitas, matriks korelasi dengan
Uji KMO & Bartleet dan uji MSA, ekstraksi faktor, rotasi faktor, interpretasi
faktor dan penamaan faktor.
Hasil peneltian ini, dari 38 faktor yang dilakukan analisis terdapat 34 faktor
yang menyebabkan rendahnya partisipasi anggota KSBB dalam pembelian di 212
Mart Bengkulu, yang selanjutnya 34 faktor ini membentuk dan mengelompok
menjadi 8 faktor baru. Diantaranya faktor motivasi anggota, manajemen Koperasi,
harga, produk, lokasi, pelayanan, promosi dan interior. Faktor yang paling
dominan adalah faktor motivasi anggota dengan variabel yang mendominasinya
vii
adalah rendahnya rasa memiliki anggota atas KSBB dan faktor pelayanan
Koperasi dengan variabel yang mendominasinya adalah pengurus KSBB kurang
melibatkan anggota dalam mengambil keputusan.
Maka untuk meningkatkan partisipasi anggota KSBB dalam pembelian di
212 Mart Bengkulu, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh pengurus
KSBB, diantara : (1) Melakukan sosialisasi atau edukasi kepada anggota KSBB,
(2) Membuat kegiatan rutin yang dapat meningkatkan emosional anggota, (3)
Memberikan hak – hak sebagai anggota Koperasi secara maksimal, (4) Merekrut
SDM yang berprofesional dalam mengelola 212 Mart Bengkulu, (5)
Mengevaluasi strategi penetapan harga dan suplyer produk, (6) Menyediakan
berbagai macam merek dan jenis produk yang dibutuhkan anggota KSBB, dan (7)
Membuat toko online 212 Mart Bengkulu beserta fitur jasa pelayanan
pengantarannya
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Management Program |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 07:44 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 07:44 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21804 |