PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP PENGGUNAAN DAN KEPUASAN PENGGUNA SISTEM APLIKASI PELAYANAN KEPEGAWAIAN (SAPK) PADA PEGAWAI KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Lidya, Christina Ivone and Fahrudin, JS Pareke and Willy, Abdillah (2023) PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP PENGGUNAAN DAN KEPUASAN PENGGUNA SISTEM APLIKASI PELAYANAN KEPEGAWAIAN (SAPK) PADA PEGAWAI KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Tesis A.n. Lidya Christina Ivone - Lidya Christina Ivone_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (986kB)

Abstract

Sistem dikatakan berhasil adalah sistem telah memiliki kinerja untuk
mendukung perangkat keras maupun perangkat lunak demi meningkatnya kinerja
pegawai dalam suatu organisasi (Tumarni, 2015). DeLone dan McLean (2003)
menjelaskan kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan secara kolektif
mempengaruhi penggunaan dan mempengaruhi kepuasan pengguna. Artinya sistem
berdampak pada sumber data para penggunanya. Hasil wawancara pada pegawai
menunjukkan bahwa sistem aplikasi My SAPK masih rumit dilakukan oleh pegawai
yang belum memahami teknologi, seharusnya aplikasi yang dibuat mudah dimengerti
dan mudah dipahami. Hal ini yang menunjukkan indikasi bahwa rendahnya kualitas
Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian yang telah berjalan selama ini. Melalui
penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada Pemerintahan Daerah,
khususnya Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah menerapkan Sistem Aplikasi
Pelayanan Kepegawaian pada pegawai Kabupaten Bengkulu Tengah, sehingga ke
depannya penggunaan aplikasi ini dapat lebih mudah digunakan dan lebih mudah
dipahami oleh pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kualitas
Sistem terhadap Penggunaan, menguji pengaruh Kualitas Sistem terhadap Kepuasan
Pengguna, menguji pengaruh kualitas Informasi terhadap Penggunaan, menguji
pengaruh kualitas Informasi terhadap Kepuasan Pengguna dan menguji pengaruh
kualitas Layanan terhadap Penggunaan serta menguji pengaruh Kualitas Layanan
terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian pada pegawai
Kabupaten Bengkulu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Sugiyono (2016) menjelaskan
penelitian survey dapat diteliti pada jumlah sampel besar maupun kecil, dan data yang
disurvei merupakan suatu hasil kejadian relatif, sebaran, dan variabel. Kajian yang
dilakukan pada penelitian ini adalah untuk melihat Pengaruh Kualitas Sistem,
Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Penggunaan dan Kepuasan
Penguna Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian pada pegawai Kabupaten
Bengkulu Tengah. Sampel dalam penelitian ini di ambil secara random sampling
yang disebarkan kepada pegawai di 40 Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten
Bengkulu Tengah. Untuk melihat pengaruh antar variabel menggunakan Smart PLS
melaui uji outer model dan inner model.
vi
Hasil penelitian menemukan bahwa kualitas Sistem memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap Penggunaan dan hubungan antar keduanya positif, kualitas Sistem
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pengguna dan hubungan antar
keduanya positif, Kualitas Informasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
Penggunaan dan hubungan antar keduanya positif, Kualitas Informasi memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pengguna dan hubungan antar keduanya
positif, dan Kualitas Layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
Penggunaan dan hubungan antar keduanya positif serta Kualitas Layanan memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Aplikasi Pelayanan
Kepegawaian pada pegawai Kabupaten Bengkulu Tengah dan hubungan antar
keduanya positif.
Saran kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
Kabupaten Bengkulu Tengah perlu melakukan evaluasi dalam pelaksanaan Sistem
Aplikasi Pelayanan Kepegawaian, dikarenakan masih terdapat sebagian kecil ASN
yang belum begitu memahami dalam menggunakan Sistem Aplikasi Pelayanan
Kepegawaian, sehingga kedepannya tidak ada lagi ASN yang menggunakan aplikasi
ini, memerlukan bantuan orang lain. Apabila kualitas sistem, kualitas informasi,
kualitas layanan dapat ditingkatkan, maka akan dapat lebih meningkatkan lagi
penggunaan dan kepuasan pengguna pada Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian
ini

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Management Program
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Oct 2024 07:45
Last Modified: 02 Oct 2024 07:45
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21808

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200