Haniyah, Tri Atikah and Fachri, Eka Saputra and Rina, Suthia Hayu (2023) PENGARUH MOTIF PERILAKU PILIHAN KOPI TERHADAP NIAT BELI KOPI ORGANIK. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Haniyah - riska fadhilla_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Literatur sebelumnya menunjukkan pangsa pasar organic food di Indonesia telah
tumbuh sekitar 5% per tahunnya, dengan nilai penjualan sebesar Rp. 10 Milyar,
sedangkan pangsa pasar organic food pada masyarakat dunia telah tumbuh
mencapai 20% per tahun. Artinya, di Indonesia pangsa pasar organic food
mengalami pertumbuhan yang positif, namun pertumbuhan yang terjadi dinilai
masih belum maksimal jika dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan pangsa
pasar organic food di dunia. Dalam hal membatu meningkatkan pangsa pasar
organic food dapat dilakukan dengan menciptakan niat pada seseorang.
Umumnya niat yang dimiliki seseorang akan mengindikasikan tingkat kekuatan
dari keinginan individu untuk mewujudkan suatu perilaku, dengan kata lain
semakin kuat keinginan individu tersebut, maka akan semakin besar juga
kemungkinan perilaku dapat diwujudkan. Adapun, beberapa faktor yang dinilai
mampu mempengaruhi terciptanya niat beli pada seseorang yaitu motif perilaku
kesadran kesehatan, kepercayaan, daya tarik dan kesadaran lingkungan. Oleh
karena itu, dalam penelitian ini peneliti memiliki tujuan yaitu : 1). menganalisis
pengaruh kesadaran kesehatan terhadap niat beli kopi organik, 2). menganalisis
pengaruh kepercayaan terhadap niat beli kopi organik, 3). menganalisis pengaruh
daya tarik terhadap niat beli kopi organik, dan 4). menganalisis pengaruh
kesedaran lingkungan terhadap niat beli kopi organik.
Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian explanatory research dengan jenis
pendekatan kuantitatif, yang menggunakan metode analisis regresi linier
berganda. Sementara itu, untuk populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
masyarakat di Indonesia dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan
sebelumnya. Adapun, jumlah sampel responden yaitu sebanyak 200 orang.
Hasil penelitian menunjukkan kesadaran kesehatan, kepercayaan, daya tarik dan
kesadaran lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli kopi
organik pada masyarakat di Indonesia, baik secara parsial maupun simultan. Maka
dapat disimpulkan semakin tingginya tingkat kesadaran kesehatan, kepercayaan,
daya tarik dan kesadaran lingkungan pada diri seseorang akan suatu produk
organik, maka semakin besar juga pengaruhnya terhadap niat beli yang tercipta
untuk melakukan tindakan pengonsumsian kopi organik.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 04:58 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 04:58 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21846 |