Dien, Paradina and Lizar, Alfansi and Rina, Suthia Hayu (2023) E-REPURCHASE INTENTION SKINCARE SKINTIFIC MELALUI APLIKASI TIKTOKSHOP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI FIX DIEN PARADINA - Dien Paradina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Perkembangan teknologi telah membuat banyak perubahan yang terjadi
hingga sekarang, seperti penggunaan sosial media yang telah membawa banyak
perubahan me seperti memunculkan banyak ragam bisnis pada sebuah aplikasi
atau e-commerce. Tiktok merupakan aplikasi yang meluncurkan fitur terbaru yaitu
tiktokshop yang menyediakan tempat untuk dapat melakukan transaksi jual beli
pada aplikasi tiktok. Salah satu brand yang menggunakan fitur ini yaitu skincare
skintific yang tengah popular dikalangan masyarakat yang melakukan pembelian
melalui tiktokshop. Fenomena inilah yang melatar belakangi peneliti, serta
ditambah dengan banyaknya orang yang ingin berbelanja melalui media sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis E-Repurchase
Intention Skincare Skintific melalui Aplikasi Tiktokshop.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data
primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online melalui media
social serta teman dan keluarga. Teknik non-probability sampling digunakan
dalam penelitian ini adalah purposive sampling sebagai metode pengambilan
sampel. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 300 responden yang pernah
membeli skincare skintific melalui aplikasi tiktokshop. Kemudian data yang
diperoleh diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM)
dengan bantuan aplikasi SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa brand image dapat mempengaruhi erepurchase intention secara positif dan signifikan. Ketika brand image sebuah
produk yang dibeli melalui tiktokshop semakin tinggi, maka semakin tinggi niat
pembelian ulang konsumen. Online customer review dapat mempengaruhi erepurchase intention secara positif dan signifikan. Semakin bagus sebuah online
customer review pada sebuah produk yang dibeli melalui tiktokshop, maka
semakin tinggi pula keinginan konsumen untuk melakukan pembelian ulang.
Customer satisfaction dapat berpengaruh secara positif dan signifikan. Semakin
tinggi tingkat kepuasan konsumen maka akan semakin tinggi niat pembelian
ulang. Brand image dapat mempengaruhi customer satisfaction secara positif dan
signifikan. Semakin tinggi brand image yang ditampilkan maka akan membuat
konsumen puas terhadap brand tersebut. Customer satisfaction dapat memediasi
hubungan brand image terhadap e-repurchase intention.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa brand image, online
customer review, customer satisfaction dapat berpengaruh secara positif dan
signifikan terhadap e-repurchase intention pada produk skincare skintific melalui
aplikasi tiktokshop, kemudian brand image dapat berpengaruh secara positif dan
xi
signifikan terhadap e-repurchase intention pada produk skincare skintific melalui
aplikasi tiktokshop, dan customer satisfaction dapat memediasi hubungan brand
image terhadap e-repurchase intention.
Adapun saran praktis dalam penelitian ini bagi pengembang tiktokshop dan
perusahaan skincare Skintfic dapat terus mempertahankan brand image kedua
perusahaan, kemudian dapat terus berinovasi serta mempertahankan kualitas
produk sehingga online customer review terus meningkat dan membuat konsumen
lain yang melihatnya akan melakukan pembelian ulang skincare skintific melalui
tiktokshop. Selanjutnya bagi akademisi adalah dapat menjadi sumber informasi
bagi peneliti selanjutnya dalam meneliti dengan topik yang serupa dimasa
mendatang
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 06:27 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 06:27 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21854 |