Asri, Qomariyati Putri and Muhammad, Yasser Iqbal Daulay and Sularsih, Anggarawati (2023) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, GAYAHIDUP, PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI JANJI JIWA DENGAN NIAT BELI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
ASRI Skripsi perpustakaan - Asri Cantik.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meneliti (1) pengaruh gaya hidup terhadap
keputusan pembelian kopi janji jiwa, (2) pengaruh gaya hidup terhadap niat beli
kopi janji jiwa, (3) pengaruh niat beli terhadap keputusan pembelian kopi janji
jiwa, (4) pengaruh pengetahuan produk terhadap keputusan pembelian kopi janji
jiwa, (5) pengaruh pengetahuan produk terhadap niat beli kopi janji jiwa, (6)
pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian kopi janji jiwa,
(7) pengaruh social media marketing terhadap niat beli kopi janji jiwa, (8)
pengaruh niat beli yang memediasi social media marketing terhadap keputusan
pembelian kopi janji jiwa, (9) pengaruh niat beli yang memediasi pengetahuan
produk terhadap keputusan pembelian kopi janji jiwa dan (10) pengaruh niat beli
yang memediasi gaya hidup terhadap keputusan pembelian kopi janji jiwa. Usaha
kedai kopi adalah salah satu usaha yang sedang banyak diminati oleh pelaku
usaha di Indonesia, salah satunya yaitu pelaku usaha di Kota Bengkulu, dapat
dilihat dari menjamurnya coffee shop di seluruh sudut kota. Kopi merupakan
sebuah minuman yang memiliki aroma, cita rasa yang khas dan digemari berbagai
kalangan.
Fenomena masyarakat Indonesia mengkonsumsi kopi mengalami
perkembangan pesat, sejalan dengan perubahan pola hidup manusia yang
mengarah kepada orientasi kepraktisan. Aktivitas ngopi bergeser menjadi gaya
hidup, sehingga peluang bisnis warung kopi menjadi peluang usaha yang
menjanjikan. Pada awalnya kopi hanya sebatas konsumsi pribadi di rumah-rumah,
akan tetapi perkembangan zaman membawa perubahan dalam cara menikmati
kopi menjadi aktivitas yang lebih interaktif (Augusta, 2018). Salah satu coffee
shop yang sedang trend saat ini adalah kopi janji jiwa. Kopi Janji Jiwa pertama
kali didirikan pada tahun 2018 lalu di ITC Kuningan yang berkonsep franchise,
pada tahun 2019 janji jiwa sudah berhasil memecahkan rekor MURI dengan
membuka 700 gerai baru janji jiwa di 50 kota yang berbeda (Nurullah, 2021).
Salah satunya berada di kota Bengkulu, yang berlokasi di jalan Sutoyo No 08
Tanah Patah, Kecamatan Ratu Agung.
Penelitian ini menggunakan tiga variabel independen yaitu gaya hidup,
pengetahuan produk, dan social media marketing, satu variabel dependen yaitu
keputusan pembelian dan variabel mediasi yaitu niat beli. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif, jenis data yang digunakan adalah data primer.
vii
Menurut Indriantoro, Supomo (2013), data primer merupakan sumber data
penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber asli, dimana sumber data
yang didapat diperoleh dari kuesioner yang disebarkan secara online. Pengelolaan
data pada penelitian ini akan menggunakan software smart PLS. Data
dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara online ke 210 responden
yang berdomisili di Bengkulu dan pernah melakukan pembelian kopi janji jiwa di
kota Bengkulu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel gaya hidup tidak
berpengaruh dan tidak signifikan terhadap niat beli, yang berarti hal ini
membuktikan bahwa gaya hidup tidak mempengaruhi niat beli seseorang dalam
membeli produk kopi janji jiwa. Gaya hidup tidak berpengaruh dan tidak
signifikan terhadap keputusan pembelian. konsumen memiliki gaya hidup yang
berbeda – beda, sekalipun mereka memiliki kelas atau status yang sama, tidak
memungkinkan bahwa mereka akan memiliki gaya hidup yang sama, hal ini
membuktikan bahwa gaya hidup tidak mempengaruhi keputusan pembelian. Niat
beli berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini
membuktikan bahwa semakin tinggi niat beli seseorang maka akan meningkatnya
keputusan pembelian pada kopi janji jiwa. Pengetahuan produk berpengaruh dan
signifikan terhadap niat beli, hal ini membuktikan bahwa semakin tinggi
pengetahuan produk yang dimiliki konsumen maka akan meningkatkan niat beli
pada produk kopi janji jiwa.
Pengetahuan produk berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan
pembelian, hal ini membuktikan bahwa semakin banyak pengetahuan produk
seseorang akan meningkatnya keputusan pembelian pada kopi janji jiwa. Social
media marketing berpengaruh dan signifikan terhadap niat beli, hal ini
membuktikan bahwa informasi social media marketing dapat mendorong niat
konsumen untuk membeli produk kopi janji jiwa. Social media marketing
berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini membuktikan
bahwa social media marketing instagram janji jiwa dapat mempengaruhi
seseorang dalam meningkatkan keputusan pembelian pada kopi janji jiwa. Hasil
penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi masyarakat mengenai
fenomena pengaruh social media marketing, gaya hidup, pengetahuan produk
terhadap niat beli serta keputusan pembelian dalam pembelian kopi janji jiwa
sehingga pengembang dari kopi janji jiwa dapat menggunakannya sebagai bahan
pertimbangan dalam menentukan kebijakan strategi pemasaran yang tepat, sebagai
informasi dan pertimbangan pembelian yang dilakukan oleh konsumen.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 08:11 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 08:11 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21863 |