Wati, Neni Ruslinda and I Wayan, Dharmayana and Rita, Sinthia (2024) PENGARUH PELATIHAN MINDFULNESS TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA BERPRESTASI RENDAH DI KELAS 7.7 SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12124c8f-0a37-4267-9c50-47f4949f88b4 - Neni Ruslinda wati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pelatihan
mindfulness terhadap konsentrasi belajar siswa kelas 7.7 SMP Negeri 1 Kota
Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan one group
pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa dengan
sampel berjumlah 6 siswa yang ditentukan menggunakan teknik purposive
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner model skala Likert.
Teknik analisis data menggunakan uji t (paired sample t-test) dengan hasil nilai t
= -32.303 (p < 0,05). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh
pelatihan mindfulness terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa kelas 7.7
SMP Negeri 1 Kota Bengkulu, untuk peneliti berikutnya dapat menggunakan
pelatihan mindfulness untuk meningkatkan konsentrasi belajar.
Kata Kunci : Konsentrasi Belajar, Mindfulness
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 03:08 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 03:08 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22028 |