Aprianti, Dita and Sri, Saparahayuningsih and Anni, Suprapti (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DITA APRIANTI (A1L019005)_SKRIPSI PERPUSTAKAAN - Dita Aprianti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling
kelompok dengan teknik restrukturisasi kognitif terhadap kecemasan berbicara di
depan umum siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis
one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini berjumlah 6 orang siswa
yang diambil dengan teknik purposive sampling dengan pengumpulan data
menggunakan angket kecemasan berbicara di depan umum. Data dianalisis
menggunakan uji-t (paired sample t-test). Hasil uji-t menunjukkan nilai t= 20.208
(p<0,05). Artinya terdapat pengaruh yang signifikan layanan konseling kelompok
dengan teknik restrukturisasi kognitif terhadap penurunan tingkat kecemasan
berbicara di depan umum siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan
kepada guru bimbingan dan konseling untuk menggunakan layanan konseling
kelompok dengan teknik restrukturisasi kognitif guna menurunkan kecemasan
berbicara di depan umum pada siswa.
Kata kunci : Kecemasan berbicara di depan umum, Konseling kelompok, Teknik
restrukturisasi kognitif
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 03:08 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 03:08 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22033 |