Yuwanka, Melinda and I Wayan, Dharmayana and Mayang, T. Afriwilda, (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK NARATIF DENGAN TEKNIK EXPRESSIVE WRITING DALAM MEREDUKSI STRES AKADEMIK PADA SISWA INTROVERT DI KELAS VIII SMP N 22 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MELINDA YUWANKA_ A1L018066 - Melinda Yuwanka.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling
kelompok dengan teknik expressive writing dalam mereduksi stres akademik
siswa introvert. Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen dengan one-
group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP
Negeri 22 Kota Bengkulu berjumlah 57 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik
purposive sampling yang berjumlah 9 orang siswa. Data yang dikumpulkan
menggunakan inventori dan kuesioner skala Likert. Berdasarkan hasil uji validitas
menggunakan aplikasi SPSS versi 24.0, diperoleh 49 butir item valid dari 81 butir
item pada instrumen. Adapun butir item yang gugur atau tidak valid berjumlah 32
butir pernyataan pada instrument. Uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan
perhitungan statistik pada program aplikasi SPSS versi 24.0 menggunakan rumus
Crounbach’s Alpha dengan hasil ,941. Hasil penelitian menunjukkan nilai t=
6,236 (p<0,05) ini berarti adanya pengaruh layanan konseling kelompok dengan
teknik expressive writing dalam mereduksi stres akademik siswa introvert.
Keterbatasan dalam penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok yaitu one
group pre-test post-test design. Maka untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk
memakai kelompok kontrol agar dapat mengetahui perbedaan antara kelompok.
Kata kunci: stres akademik, konseling kelompok naratif, teknik expressive
writing
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 02:51 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 02:51 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22082 |