Marena, Marena and I Wayan, Dharmayana and Arsyadani, Mishbahuddin (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP 11 BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI MARENA NPM A1L019057 - Marena.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok
dengan teknik Cognitive Behavior Therapy terhadap resiliensi akademik siswa
Kelas VIII SMP 11 Bengkulu Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah eksperimen one group pretest-posttest design dengan populasi 40 orang
siswa dan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga
didapatkan 5 orang siswa menjadi sampel. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan resiliensi akademik setelah diberikan layanan konseling kelompok
dengan teknik Cognitive Behavior Therapy (CBT) sebagai treatment. Hal ini
ditunjukkan dengan nilai rata-rata skor sebelum diberikan treatment adalah 92
dalam kategori rendah dan setelah diberikan treatment nilai rata-rata skor menjadi
159 dalam kategori tinggi. Hasil analisis data dengan uji t (paired sample t-test)
menunjukkan nilai t = -13,803 (p < 0,05) artinya ada pengaruh layanan konseling
kelompok dengan teknik Cognitive Behavior Therapy (CBT) terhadap resiliensi
akademik siswa.
Kata kunci: Resiliensi Akademik, Konseling Kelompok, Teknik Cognitive
Behavior Therapy.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 02:51 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 02:51 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22083 |