Karlina, Ayu and I Wayan, Dharmayana and Sri, Saparahayuningsih (2024) PENGARUH LAYANAN INFORMASI FORMAT KLASIKAL TERHADAP SELF-CONTROL SISWA DALAM BELAJAR KELAS XI SMK NEGERI 3 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI AYU KARLINA NPM A1L019072 - Ayu Karlina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan informasi
format klasikal terhadap self-control siswa dalam belajar kelas XI Busana 4 SMK
Negeri 3 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen
dengan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas XI Busana dengan jumlah 98 siswa. Sampel penelitian ditentukan
dengan teknik random intact group sampling yaitu kelas XI Busana 4 yang
berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket Skala Likert.
Teknik analisis data menggunakan uji-t (paired sample test). Hasil rata-rata yang
diperoleh sebelum diberikan layanan informasi format klasikal terhadap self-
control siswa dalam belajar adalah 81,8 dalam kategori rendah, setelah diberikan
layanan rata-rata self-control siswa dalam belajar menjadi 108,7 dalam kategori
tinggi. Hasil uji-t= -9.558 dengan taraf signifikasi 0.000<0.05, artinya ada
pengaruh yang signifikan layanan informasi format klasikal terhadap self-control
siswa dalam belajar. Saran Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat lebih
memperhatikan faktor-faktor yang memperngaruhi pemahaman mengenai self-
control siswa dalam belajar, memperluas ruang lingkup penelitian, dan mengatasi
konseli dari berbagai tempat, sehingga penelitian ini dapat digunakan sebaik-
baiknya dan memberikan manfaat.
Kata Kunci : layanan informasi, format klasikal, self-control, siswa dan
belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 03:11 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 03:11 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22088 |