Sinaga, Sulastri and I Wayan, Dharmayana and Anni, Suprapti (2024) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII-D SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SULASTRI SINAGA_A1L019082_BK - Afrilia Puspitasari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok
untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII-D SMP Negeri 13 Kota
Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
dengan one group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini
adalah kelas VII-D yang berjumlah 31 siswa. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 11 siswa. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik
purposive sampling. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala
Likert. Teknik analisis data menggunakan uji-t (paired sample t-test), dengan hasil
t = -8,830 (P < 0,05). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan
adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan
diri siswa. Penelitian ini menunjukkan tingkat kepercayaan diri siswa sebelum
diberikan layanan bimbingan kelompok memiliki hasil rata-rata dengan kategori
rendah dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok memiliki hasil rata-rata
dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru
bimbingan konseling model layanan bimbingan kelompok ini dapat dijadikan
model untuk membantu siswa yang memiliki kepercayaan diri yang rendah.
Kata Kunci: layanan bimbingan kelompok, kepercayaan diri siswa
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 04:58 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 04:58 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22105 |