Sukardi, Ekwan and Febrian, Solikhin and Wiwit, Wiwit (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bagi Skripsi_Ekwan Sukardi_A1F020003 - Ekwan Sukardi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) untuk
menghasilkan instrumen penilaian kognitif berbasis literasi sains yang valid dan
reliabel. Instrumen penilaian dikembangkan untuk mengukur kemampuan literasi
sains siswa pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan kelayakan instrumen ditinjau dari validasi ahli, mendeskripsikan
validitas dan reliabilitas instrumen dilihat dari validasi empiris serta
mendeskripsikan kemampuan literasi sains siswa kelas XI MIPA 5 di SMA
Negeri 4 Kota Bengkulu. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian
ini adalah model ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation,
evaluation. akanInstrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
angket kebutuhan, lembar validasi dan lembar uji coba produk. Subjek penelitian
ini adalah 184 dari 3 sekolah berbeda sebagai subjek validasi dan 29 siswa kelas
11 MIPA 5 di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu tahun ajaran 2023/2024 sebagai
subjek implementasi. Data penelitian diperoleh dari angket analisis kebutuhan,
lembar validasi, analisis uji empiris dan analisis kemampuan literasi sains siswa.
Jumlah butir soal yang dikembangkan pada instrumen ini berjumlah 23 butir soal
pilihan ganda dan 10 esai. Hasil penelitian ini diperoleh: (1.) Penilaian kelayakan
ahli menghasilkan 21 butir soal pilihan ganda dan 10 butir esai layak
diujicobakan. (2.) Hasil analisis validitas empiris menggunakan permodelan rasch
dengan bantuan program winsteps diperoleh 15 butir soal pilihan ganda dan 9
butir soal esai valid. (3.) Hasil uji reliabilitas instrumen diperoleh cronbach alpha
0,92 atau dalam kategori istimewa untuk pilihan ganda dan 0,80 atau dalam
kategori bagus untuk esai. (4.) Kemampuan literasi sains siswa kelas XI MIPA 5
diperoleh 6 siswa dalam kategori cukup memuaskan dan 1 siswa dalam kategori
memuaskan.
Kata kunci : Instrumen penilaian kognitif, rasch, literasi sains, kesetimbangan
kimia.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 03:27 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 03:27 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22175 |