PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI Socio Scientific Issue (SSI) PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Resmareta, Resmareta and Febrian, Solikhin and Rina, Elvia (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI Socio Scientific Issue (SSI) PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Resmareta_A1F020036 - Resma Reta.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan e-modul kimia terintegrasi
Socio Scientific Issue (SSI) pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan e-modul, respons peserta didik
terhadap e-modul, menganalisis hasil penerapan terhadap proses pembelajaran
dengan pendekatan SSI dan respons guru. Pengembangan ini menggunakan model
pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate) Penelitian ini
dilakukan pada bulan Januari-Maret 2024 di SMAN 4 Kota Bengkulu dengan
subjek yaitu 15 orang peserta didik kelas XI MIPA 1 untuk uji coba skala kecil dan
34 peserta didik kelas XI MIPA 5 untuk uji coba skala besar. Instrumen pada
penelitian ini yaitu lembar wawancara, lembar validasi ahli materi dan media,
angket respon peserta didik dan angket respons guru. Dari hasil penelitian ini
diperoleh (1) tingkat kelayakan e-modul memiliki kategori sangat layak dengan
skor pada aspek materi yaitu 4,7 dan 4,6 untuk aspek media, (2) hasil uji respons
peserta didik terhadap e-modul berbasis terintegrasi SSI pada memiliki skor 4,6
dengan kategori sangat baik (3) hasil penerapan pada proses pemebelajaran dengan
pendekatan Socio Scientific Issue (SSI) yang mengaitkan isu-isu sosial didapatkan
sebanyak 82,35% yang mendapatkan nilai ≥ 80 (4) respons guru terhadap e-modul
mendapatkan skor 4,7 dengan kategori sangat layak. Hal ini berarti e-modul yang
terintegrasi SSI yang dikaji menggunakan sintaks discovery learning mengandung
isu sosial di dalamnya yang dapat meningkatkan literasi peserta didik dalam
keterampilan critical thinking skills dan charater.
Kata Kunci : E-modul, Socio Scientific Issue, Kesetimbangan Kimia

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Oct 2024 03:38
Last Modified: 14 Oct 2024 03:38
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22184

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200