Agustina Olvia Sari, Tri and Tito, sofyan and Nursulistyo, Nursulistyo (2017) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN BIRO PERJALANAN PARIWISATA CV IDAMAN TOUR DAN LOGISTICS KOTA BENGKULU DITINJAU DARI UNDANG�UNDANG KEPARIWISATAAN DAN UNDANG�UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tri Agustina Olvia Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Untuk
menjelaskan tentang pelaksanaan pertanggungjawaban CV Idaman Tour Dan
Logistics sebagai penyedia jasa terhadap konsumen yang mengalami kerugian dan
(2) untuk menjelaskan tentang upaya hukum serta menjelaskan mengenai
penyelesaian sengketa yang seharusnya dilakukan konsumen dalam memberikan
perlindungan hukum terhadap konsumen yang mengalami kerugian akibat pelaku
usaha jasa perjalanan pariwisata CV Idaman Tour Dan Logistics. Penelitian ini
merupakan penelitian hukum empiris. Penentuan informan secara purposive.
Pengumpulan data melalui pengamatan atau observasi, wawancara dan studi
pustaka. Analisis data dilakukan secara yuridis kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dapat diketakui dan dapat disimpulkan bahwa perlindungan
hukum terhadap konsumen usaha jasa perjalanan pariwisata CV Idaman Tour Dan
Logistics yaitu mengenai bentuk pertanggungjawabannya kepada konsumen yang
mengalami kerugian sebagaimana yang telah diatur didalam Undang-Undang
Perlindungan Konsumen No 8 Tahun 1999 . mengenai pertanggungjawaban CV
Idaman Tour Dan Logistics terhadap konsumen yaitu dengan memberikan suatu
bentuk ganti rugi berupa uang sejumlah dengan barang yang hilang. selanjutnya
mengenai Upaya hukum yang dilakukan konsumen terkait dengan kelalaian atas
pihak CV Idaman Tour Da Logistics yaitu penyelesaian diluar pengadilan.
Dimana dalam penjelasan penyelesaian sengketa diluar pengadilan diatur didalam
pasal 47 Undang-Undang Perlindungan Konsmen No 8 Tahun 1999. Penyelesaian
sengketa diluar pengadilan merupakan salah satu cara penyelesaian sengketa yang
dipilih antara kedua belah pihak karena penyelesaian tersebut dapat diselesaikan
dengan kesepakatan bersama.
Kata kunci : Konsumen, Pelaku usaha jasa perjalanan pariwisata,
Perlindungan Hukum Konsumen
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law Science |
Depositing User: | Irma Rohayu, S.IPust |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 03:51 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 03:51 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22190 |