PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA DI KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU

Hartiningtiyas, Ikke and Arifin, Arifin and Gumono, Gumono (2024) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA DI KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Ikke Hartiningtiyas_A1A019091 - Ikke Hartiningtiyas.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang diterapkan di Indonesia,
salah satunya di SMPN 5 Kota Bengkulu yang sudah menerapkan kurikulum
merdeka sejak 2022, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan kurikulum merdeka di
kelas VII SMP Negeri 5 kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode kualitatif deskriptif. Data penelitian berupa seluruh ujuran dan tindakan
guru dan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia yang
dikemas dalam rekaman video. Sumber data penelitian ini guru dan peserta didik
kelas VII B SMP Negeri 5 kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik rekaman dan observasi. Uji keabsahan data menggunakan
member check. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data,
dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan
pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan kurikulum merdeka telah
dilaksanakan sesuai dengan kurikulum merdeka, yang tahapannya berupa kegiatan
pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Pada tahapan pelaksanaan pembelajaran
terdapat komponen simbol penanda kegiatan pembelajaran yaitu tujuan
pembelajaran, kupas teori, kata kunci, jelajah kata, siap-siap belajar, menyimak,
membaca, berdiskusi, menulis, kreativitas, jurnal membaca, dan refleksi.
Sedangkan dari dua data setiap pelaksanaanya tidak semua komponen simbol
penanda kegiatan pembelajaran yang terlaksana, yaitu pada pertemuan pertama
simbol penanda yang tidak terlaksana adalah komponen kata kunci, berdiskusi,
dan refleksi. Pada pelaksanaan pembelajaran pertemuan kedua komponen simbol
penanda kegiatan yang tidak terlaksana adalah tujuan pembelajaran, kata kunci,
jelajah kata, kreativitas, jurnal membaca, dan refleksi.
Kata kunci: Pelaksanaan pembelajaran, Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 14 Oct 2024 04:21
Last Modified: 14 Oct 2024 04:21
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22222

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200