ANALISIS KUALITAS SOAL URAIAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Maisaroh, Lisa and Arifin, M. and Trianto, Agus (2024) ANALISIS KUALITAS SOAL URAIAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Lisa Maisaroh_A1A019102_Skripsi - Lisa Maisaroh.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas soal uraian yang
berupa ulangan harian mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri
11 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif.
Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen soal ulangan harian mata
pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu yang
berjumlah empat materi soal dengan menggunakan teknik pengumpulan data
lembar checklist dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitan ini
adalah (1) berdasarkan aspek materi soal yang terdapat pada empat materi soal
yang keseluruhan butir soal sudah memenuhi karakteristik aspek materi yang di
amati, butir soal dalam empat materi pun sesuai dengan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran dan kisi-kisi soal yang dibuat oleh guru mata pelajaran. Pada
aspek konstruksi soal yang terdapat pada empat materi soal, hanya diperoleh 14
butir soal yang memenuhi kriteria dari aspek konstruksi yang diamati. Pada
aspek bahasa soal yang terdapat pada empat materi soal, keseluruhan butir soal
memenuhi kriteria aspek bahasa yang diamati; (2) pada aspek kognitif tingkatan
taksonomi Bloom Anderson dan Krathwohl kualitas soal ulangan harian mata
pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu lebih
dominan ke aspek kognitif level 1 (Pengetahuan dan Pemahaman) LOTS.
Namun, diperoleh juga sebanyak 16 butir soal dari beberapa soal pada empat
materi yang mengukur aspek kognitif level 3 (Penalaran) HOTS. Jumlah ini
tentunya lebih banyak dari pada soal-soal yang mengukur aspek kognitif level 2
(Penerapan) MOTS yang hanya diperoleh 1 butir soal dari beberapa soal pada
empat materi.
Kata Kunci: Analisis, Kualitas, Uraian, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 14 Oct 2024 04:42
Last Modified: 14 Oct 2024 04:42
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22236

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200