Wijaya, Salwa Fasha and Ariesta, Ria and Gumono, Gumono (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS THINK TALK WRITE (TTW) MATERI TEKS BIOGRAFI KELAS X SMA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Salwa Fasha Wijaya A1A020089 - Salwa fasha Wijaya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Berdasarkan hasil identifikasi dokumen LKPD guru, diketahui bahwa LKPD yang
digunakan oleh peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia masih terdapat
kelemahan, dari segi instruksi tugas yang kurang jelas sehingga belum mampu
membimbing peserta didik untuk menulis teks biografi. Oleh karena itu perlu
dikembangkan LKPD menulis teks biografi yang mampu menuntut kemampuan
menulis peserta didik. Tujuan penelitian ini ialah (1) mengetahui analisis kebutuhan
peserta didik, (2) merancang desain pengembangan LKPD, (3) mendeskripsikan
proses pengembangan LKPD berbasis think talk write pada materi teks biografi dan,
(4) melaksanakan uji coba LKPD di kelas X SMA. Penelitian ini adalah penelitian
dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE: Analysis (Analisis), Design
(Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi),
Evaluation (Evaluasi). Penelitian dan pengembangan ini hanya sampai tahap
Development (Pengembangan) tetapi LKPD tetap diuji coba. Validasi dilakukan
oleh dua pakar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan
kualitatif berupa data hasil analisis kebutuhan, proses pengembangan LKPD, hasil
validasi oleh pakar, serta data hasil respons guru dan peserta didik terhadap
kepraktisan LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang
dikembangkan sudah layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia
menulis teks biografi. Hal ini dilihat dari hasil validasi LKPD oleh dua pakar.
Berdasarkan hasil respons peserta didik terhadap pengembangan LKPD menulis
teks biografi memperoleh skor 96% dan respon dari guru memperoleh skor 95%
dikategorikan dengan sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD
menulis teks biografi berbasis think talk write layak dan praktis digunakan
dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), think talk write, teks biografi.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 01:18 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 01:18 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22266 |