EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN NASIHAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 04 KEPAHIANG

Adellia, Zenda and Noermanzah, Noermanzah and Purwadi, Agus Joko (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN NASIHAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 04 KEPAHIANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI ZENDA ADELLIA ( A1A020061) - zenda adellia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan menulis pantun nasihat siswa masih rendah dalam memilih
kemenarikan isi dan makna pantun serta ketepatan diksi. Salah satu cara
meningkatkannya dengan memberikan Tindakan berupa model pembelajaran
berbasis proyek pada pantun nasihat. untuk itu tujuan penelitian ini untuk
mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan
menulis pantun nasihat pada siswa kelas VII A SMP Negeri 04 Kepahiang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimental.
Desain yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Populasi penelitian
ini seluruh siswa kelas VII A SMP Negeri 04 Kepahiang dengan menggunakan
sample random sampling yaitu kelas VII A berjumlah 25 siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan Teknik tes essay. Teknik analisis data dengan cara
uji normalitas menggunakan uji shapiro-Wilk, uji hipotesis ( uji t ). Berdasarkan
hasil penelitian diperoleh nilai pretest dengan rata-rata 49,12 dan nilai posttest
diperoleh dengan rata-rata 77,32 . Dalam penerapan model pembelajaran berbasis
proyek memiliki langkah-langkah pembelajaran yaitu pengenalan masalah dengan
cara penentuan pertanyaan mendasar, penyusunan rancangan proyek, penyusunan
rencana kerja, pelaksanaan proyek dan monitoring proyek, pengujian hasil melalui
presentasi, serta evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada
efektivitas model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis
pantun nasihat. hal ini dibuktikan dengan hasil uji t hitung sebesar -16,843 dan T
tabel sebesar 1,711 atas perbandingan tersebut menunjukkan bahwa Thitung
>Ttabel yang berarti Ha diterima maka Ho ditolak yang artinya terdapat efektivitas
model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis pantun nasihat.
Kata kunci : pengaruh, model pembelajaran berbasis proyek, kemampuan
menulis pantun nasihat, siswa SMP.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 15 Oct 2024 01:19
Last Modified: 15 Oct 2024 01:19
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22271

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200