Puspa, Resti May and Noermanzah, Noermanzah and Gumono, Gumono (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR MENULIS TEKS BIOGRAFI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DI SMK NEGERI 3KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_Resti May Puspa A1A020056.-2 - Resti Maypuspa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Modul ajar menulis teks biografi buatan guru SMK Negeri 3 Kota Bengkulu masih
belum berpusat kepada peserta didik sehingga membuat siswa masih kesulitan
dalam menulis teks biografi. Oleh karena itu, perlu dikembangkan modul ajar
menulis teks biografi berbasis project based learning. Untuk itu tujuan dari
penelitian ini untuk mengembangkan modul ajar menulis teks biografi berbasis
project based learning yang layak dan efektif digunakan oleh guru dan siswa. Jenis
penelitian ini adalah Research and Development model ADDIE dengan tahapan:
Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi,
wawancara, kuesioner, observasi, dan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa modul ajar yang diperlukan oleh guru dan siswa yaitu kegiatan pembelajaran
yang berbasis project based learning. Desain yang dikembangkan dalam penelitian
ini terdiri dari tiga komponen penting, yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan
pembelajaran, dan assesmen. Karakteristik utama pengembangan modul ajar ini
yaitu pada tahapan project based learning mulai dari menentukan pertanyaan
mendasar, menyusun perencanaan proyek, menyusun jadwal proyek, pelaksaan dan
memonitor proyek, penilaian hasil proyek, dan evaluasi pengalaman. Modul ajar
telah dimplementasi dan hasilnya efektif digunakan dengan hasil nilai uji-t
thitung>ttabel yaitu 20,669>1.68830 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar
0,001<0,05.
Kata kunci: Pengembangan, Modul Ajar Menulis Teks Biografi, Project Based
Learning, Siswa SMK.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 01:21 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 01:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22275 |