Hafifah, Roz and Kurniawan, Rio and Arifin, M. (2024) DESKRIPSI TANYA JAWAB DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_ROZI_HAFIFAH - rozi hafifah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Deskripsi tanya jawab bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan bertanya (tanya
jawab) dalam pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum Merdeka
Belajar kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode kualitatif. Data pada penelitian ini uraian pertanyaan guru dan siswa
dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII. Sumber data dalam penelitian ini
adalah Ibu Desi Mediana Fitri, S.Pd, M.Pd. dan siswa kelas VIII 3 SMP Negeri 1 kota
Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan rekaman.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri 4 langkah
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukan bahwa dalam kegiatan tanya jawab yang dilakukan dikelas VIII SMP
Negeri 1 Kota Bengkulu terdapat 6 kali pertemuan tatap muka yang terdiri dari 107
pertanyaan guru daan 49 pertanyaan siswa, dengan analisis keterampilan bertanya
dasar sebanyak 53 pertanyaan dan keterampilan bertanya lanjut sebanyak 54
pertanyaan. dan Analisis taksonomi bloom ranah kognitif pada pertanyaan guru
sebagian besar masih pada tingkatan LOTS daripada tingkat HOTS yaitu C1 Mengingat
dan pada pertanyaan siswa masih sama seperti pertanyaan guru yang diajukan masih
dominan termasuk dalam tingkatan LOTS dibandingkan HOTS yaitu pada tingkat C1
mengingat, sehingga dapat dinyatakan bahwa pertanyaan guru dan siswa yang
diajukan masih pada tingkat kognitif berpikir rendah.
Kata Kunci : Deksripsi Tanya Jawab, Kurikulum Merdeka Belajar, Keterampilan
Bertanya Dasar Dan Lanjut, Taksonomi Bloom Ranah Kognitif
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 01:22 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 01:22 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22277 |