THE ANALYSIS OF LEARNING OBJECTIVES IN LESSON PLANS BASED ON KURIKULUM MERDEKA DESIGNED BY STUDENTS OF ENGLISH TEACHER PROFESSIONAL EDUCATION PROGRAM (PPG) OF BENGKULU UNIVERSITY

Ronel, Dido and Puspita, Hilda and Mulyadi, Mulyadi (2024) THE ANALYSIS OF LEARNING OBJECTIVES IN LESSON PLANS BASED ON KURIKULUM MERDEKA DESIGNED BY STUDENTS OF ENGLISH TEACHER PROFESSIONAL EDUCATION PROGRAM (PPG) OF BENGKULU UNIVERSITY. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
DIDO RONEL_A1B020041_SKRIPSI FIX - Dido Ronel.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis kualitas tujuan pembelajaran pada RPP berdasarkan
kurikulum Kurikulum Merdeka yang dirancang oleh mahasiswa Program
Pendidikan Profesi Guru Bahasa Inggris (PPG) Universitas Bengkulu. Dengan
menggunakan pendekatan metode campuran sekuensial penjelasan, penelitian ini
mengkaji 25 rencana pembelajaran yang berisi 65 tujuan pembelajaran yang
dikembangkan oleh guru bahasa Inggris pra-jabatan. Analisis kuantitatif
menggunakan daftar periksa 10 item untuk mengevaluasi kualitas obyektif dan
keselarasan dengan prinsip-prinsip kurikulum. Data kualitatif dari wawancara
semi terstruktur terhadap 3 partisipan yang dipilih secara acak mengeksplorasi
tantangan yang dihadapi dalam merumuskan tujuan. Studi ini bertujuan untuk
menilai seberapa baik siswa PPG dapat menyusun tujuan pembelajaran yang
berpusat pada siswa dan selaras dengan kompetensi yang mencerminkan prioritas
utama Kurikulum Merdeka. Temuan menunjukkan bahwa kualitas tujuan
pembelajaran secara keseluruhan adalah baik, dengan mayoritas siswa
menunjukkan keselarasan yang memuaskan dengan prinsip-prinsip kurikulum.
Namun terdapat tantangan yang teridentifikasi, termasuk kesulitan dalam analisis
kebutuhan, menerjemahkan hasil pembelajaran ke dalam tujuan tertentu, dan
terbatasnya akses terhadap sumber daya. Kajian ini diakhiri dengan rekomendasi
untuk penelitian lebih lanjut mengenai praktik terbaik dalam perumusan tujuan,
memperluas penyelidikan terhadap aspek-aspek lain dari implementasi Kurikulum
Merdeka.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Tujuan Pembelajaran, Modul Ajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:50
Last Modified: 15 Oct 2024 02:50
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22313

Actions (login required)

View Item
View Item