AN ANALYSIS OF LISTENING AND SPEAKING ACTIVITIES IN ENGLISH TEXTBOOKS ENTITLED “ENGLISH FOR NUSANTARA” FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Sidebang, Yanri Denica and Puspita, Hilda and Saputra, Dwi Bayu (2024) AN ANALYSIS OF LISTENING AND SPEAKING ACTIVITIES IN ENGLISH TEXTBOOKS ENTITLED “ENGLISH FOR NUSANTARA” FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Skripsi yanrids +approval - Yanri Denica Sidebang.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis aktivitas mendengarkan dan
berbicara yang terdapat pada buku teks siswa SMP “Bahasa Inggris untuk
Nusantara” dan menemukan aktivitas mendengarkan dan berbicara yang paling
dominan pada siswa SMP “Bahasa Inggris untuk Nusantara”. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah buku teks
“Bahasa Inggris untuk Nusantara” untuk kelas 7, 8, dan 9 SMP. Kemudian
penelitian ini menggunakan instrumen checklist untuk mengumpulkan data.
Selanjutnya, apabila data telah diperoleh, dianalisis menggunakan teori dari
Karakas (2002) tentang jenis-jenis aktivitas Mendengarkan dan teori dari Harmer
(2007) tentang aktivitas berbicara. Hasil penelitian ini: 1) Terdapat delapan jenis
aktivitas mendengarkan dalam buku teks “Bahasa Inggris untuk Nusantara”, yaitu
Pra-mendengarkan, Sambil mendengarkan, dan Pasca mendengarkan. 2) delapan
jenis kegiatan Berbicara dalam buku ajar “Bahasa Inggris untuk Nusantara”,
Pertunjukan Naskah, Roleplay dan Simulasi, Pelaporan, Diskusi dan Kerja
Kelompok, Mendeskripsikan Gambar, Wawancara, Dialog, dan Presentasi. 3)
sebagian besar jenis kegiatan menyimak pada buku ajar siswa kelas tujuh dan
delapan adalah pasca mendengarkan dengan jumlah keseluruhan (sebesar 53,13%)
dan (50%) pada kelas sembilan sambil menyimak dengan jumlah keseluruhan
(sebanyak 56,13%). 67%). Jenis kegiatan berbicara yang paling banyak dalam buku
teks siswa kelas tujuh adalah menampilkan naskah dengan jumlah total (31,82%),
Wawancara kelas delapan dengan jumlah total (30,77%), dan kelas sembilan. Nilai
Presentasi dengan jumlah keseluruhan (sebesar 33,33%).
Kata Kunci : Aktivitas Mendengarkan, Aktivitas Berbicara, Buku teks

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 15 Oct 2024 04:14
Last Modified: 15 Oct 2024 04:14
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22363

Actions (login required)

View Item
View Item