ANALISIS TINGKAT KUALITAS PELAYANAN (APLIKASI QFD - QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT ) PADA HOTEL VISTA BENGKULU

Afriadi, Dona and Budi, Supriyanto (2009) ANALISIS TINGKAT KUALITAS PELAYANAN (APLIKASI QFD - QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT ) PADA HOTEL VISTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[thumbnail of DONA.pdf] Text
DONA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (880kB)

Abstract

Hotel Vista Bengkulu merupakan salah satu perusahaan yang bergerak
dibidang jasa perhotelan. Pada saat ini telah banyak bermunculan perusahaan
yang bergerak dibidang yang sama, sehingga perusahaan perlu untuk berusaha
memperbaiki kinerjanya agar konsumen mendapatkan kepuasan dan tidak beralih
kepada perusahaan sejenisnya.
Sebagai bahan pertimbangan bagi pihak manajemen hotel Vista bahwa
untuk meningkatkan daya saing, dan menarik serta mempertahankan pelanggan
dapat dilakukan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment
(QFD) yang berisi tentang matrik perencanaan (skala preferensi konsumen dan
bechmarking), atribut jasa, parameter tehnik, respon teknis, hubungan antar
atribut, prioritas teknis, kesulitan teknis, dan target yang ingin dicapai serta
konflik dan sinergi yang ditimbulkan dari penjelasan teknis.
Dalam penelitian ini QFD digunakan untuk mengetahui keinginan
konsumen, maka digunakan kuisioner. Selanjutnya ditentukan derajat
kepentingan, tingkat kepuasan konsumen (skala preferensi konsumen), penentuan
parameter tehnik, interaksi keeratan hubungan antara penjelasan teknis
(parameter tehnik) dan atribut jasa, nilai target, kesulitan teknis, prioritas teknis,
serta konflik dan sinergi yang ditimbulkan dari penjelasan teknis.
Setelah dilakukan pengolahan maka diperoleh 11 atribut yang dianggap
penting oleh konsumen, dan 20 parameter tehnik yang disediakan pihak hotel
Vista Bengkulu telah memberikan kepuasan sebesar 71,93 sedangkan hotel
pesaingnya yaitu hotel Idaman Bengkulu sebesar 69,36 yang berarti hotel Vista
Bengkulu lebih unggul dibandingkan pesaingnya.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 28 Nov 2013 22:28
Last Modified: 28 Nov 2013 22:28
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2238

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200