Julianti, Viona and Dharmayana, I Wayan and Suprapti, Anni (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK CBT DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI NOMOPHOBIA PADA SISWA KELAS VIII J SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DRAFT SIDANG VIONA (1) - Viona julianti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh layanan konseling kelompok
CBT dengan teknik self-management untuk mereduksi nomophobia pada siswa
kelas VIII J SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini ialah Quasi Eksperiment jenis Pre-test Post-test Control
Group Design dengan populasi 35 orang siswa kelas VIII J SMP Negeri 2 Kota
Bengkulu. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive
sampling sehingga diperoleh 10 orang siswa menjadi sampel yang kemudian
dibagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Teknik pengumpuan data yang digunakan adalah skala model Likert kuesioner
kecenderungan nomophobia. Teknik analisis data penelitian menggunakan Uji
(paired sample t-test). Hasil pre-test dan post-test kelompok eksperimen
menunjukkan nilai penurunan rata-rata skor dari 172,2 menjadi 110,8. Sementara,
hasil pre-test dan post-test kelompok kontrol menunjukkan nilai penurunan rata�rata skor dari 173 menjadi 158,2. Hasil hipotesis dengan uji t diketahui bahwa
penurunan yang dihasilkan pada kelompok eksperimen lebih besar dengan nilai
16,736 sedangkan kelompok kontrol sebesar 8,352. Berdasarkan hasil penelitian
ini, maka pelaksanaan layanan konseling kelompok CBT dengan teknik self�management terbukti berpengaruh untuk mereduksi nomophobia pada siswa kelas
VIII J SMP Negeri 2 Kota Bengkulu.
Kata kunci: konseling kelompok, self-management, nomophobia
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 04:07 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 04:07 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22424 |