PENGARUH KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN GESTALT TEKNIK KURSI KOSONG TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF SISWA KORBAN BULLYING

Salsabilla, Nadaa Alya and Sinthia, Rita and Afriwilda, Mayang T (2024) PENGARUH KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN GESTALT TEKNIK KURSI KOSONG TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF SISWA KORBAN BULLYING. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPS] Text (SKRIPS)
FIKS CETAK 1_compressed - Nada Alya Salsabilla.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh
konseling individu dengan pendekatan gestalt teknik kursi kosong terhadap
peningkatan perilaku asertif siswa korban bullying. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Di analisis melalui
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek di lakukan
eksperimen peningkatan perilaku asertif siswa korban bullying sebelum di berikan
layanan konseling individu, siswa korban bullying tidak mampu menolak dan
menyatakan ketidaksetujuannya terhadap pendapat orang lain, atau segala sesuatu
yang tidak beralasan dan cenderung bersifat negatife, tidak mampu berkomunikasi
secara langsung dan bebas, tidak mampu terbuka dan jujur terhadap diri sendiri
dan orang lain, tidak mampu menyatakan perasaan, baik yang menyenangkan
maupun yang tidak menyenangkan dengan cara yang tepat, tidak mampu
mempertahankan hak-hak yang semestinya. Setelah di berikan layanan konseling
individu perilaku asertif siswa korban bullying menjadi mampu menolak dan
menyatakan ketidaksetujuannya terhadap pendapat orang lain, atau segala sesuatu
yang tidak beralasan dan cenderung bersifat negative, mampu berkomunikasi
secara langsung dan bebas, mampu terbuka dan jujur terhadap diri sendiri dan
orang lain, mampu menyatakan perasaan, baik yang menyenangkan maupun yang
tidak menyenangkan dengan cara yang tepat, mampu mempertahankan hak-hak
yang semestinya.
Kata Kunci : konseling individual, gestalt, perilaku asertif, bullying, kursi
kosong

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:07
Last Modified: 16 Oct 2024 04:07
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22427

Actions (login required)

View Item
View Item