Afrezilia, Yola and Elita, Yessy and Suprapti, Anni (2024) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITA DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA BROKEN HOME DI SMA NEGERI 09 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI YOLA AFREZILIA - Yola Afrezilia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas konseling
kelompok pendekatan realita untuk meningkatkan konsep diri siswa broken home
di SMA Negeri 09 Kota Bengkulu. Penelitian kuantitatif dengan desain pre�eksperimen menggunakan subjek berjumlah 6 orang siswa. Data siswa broken
home didapatkan dari guru Bimbingan dan Konseling SMA Negeri 09 Kota
Bengkulu dan dilakukan proses pemberian angket konsep diri siswa broken home.
Data dianalis menggunakan uji-t dengan hasil nilai t = -29.000 (p < 0.05) ini
berarti terdapat pengaruh yang signifikan layanan konseling kelompok pendekatan
realita terhadap konsep diri siswa broken home. Penelitian menunjukan skor rata�rata konsep diri siswa broken home sebelum diberikan perlakuan (mean = 105,5)
termasuk ke dalam kategori rendah dan setelah diberikan perlakuan nilai rata-rata
konsep diri siswa broken home menjadi (mean = 192,5) termasuk ke dalam
kategori tinggi. Terjadi peningkatan skor rata-rata konsep diri siswa broken home
setelah diberikan perlakuan. Layanan konseling kelompok pendekatan realita
efektif untuk meningkatkan konsep diri siswa broken home di SMA Negeri 09
Kota Bengkulu. Hasil penelitian menyarankan kepada guru Bimbingan dan
Konseling untuk dapat menggunakan layanan konseling kelompok pendekatan
realita untuk meningkatkan konsep diri siswa broken home.
Kata kunci : konsep diri siswa broken home, layanan konseling kelompok
pendekatan realita.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 04:10 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 04:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22451 |