Nisa, Suci Khairun and Putri, Desy Hanisa and Hamdani, Dedy (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS NEARPOD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1E020049-SUCI KHAIRUN NISA - Suci Khairun Nisa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang efektif berupa
pengembangan media pembelajaran berbasis Nearpod yang dapat meningkatkan
pemahaman konsep siswa pada materi pemanasan global. Selain itu, penelitian ini
juga bermaksud untuk menggambarkan peningkatan pemahaman konsep siswa
mengenai pemanasan global setelah penggunaan media pembelajaran berbasis
Nearpod. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan
Pengembangan (R&D) dengan menerapkan model ADDIE. Instrumen yang
digunakan meliputi angket, observasi, wawancara, dan tes pemahaman konsep.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor yang diperoleh adalah
82,78%, yang termasuk dalam kategori sangat layak. Dari analisis uji respon,
dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Nearpod memenuhi
kriteria sangat baik dengan persentase 86,30%. Berdasarkan hasil perhitungan N�gain dari pretest dan posttest, diperoleh hasil sebesar 0,79, yang masuk dalam
kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran
berbasis Nearpod yang diterapkan di kelas XI SMA Negeri 4 Kota Bengkulu
terbukti layak dan peningkatan pemahaman konsep yang signifikan menunjukkan
bahwa media ini dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Kata kunci: Media pembelajaran, Nearpod, Pemahaman konsep, Penelitian dan
Pengembangan.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 04:10 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 04:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22459 |