Novel, Meutia Rahma Agustin and Purwanto, Andik and Putri, Desy Hanisa (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI ADOBE ANIMATE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SMAN 06 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MEUTIA RAHMA_A1E020040 SKRIPSI UNTUK PERPUS UNIB_compressed - Meutia Rahma Agustin Novel.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
interaktif menggunakan Adobe Animate untuk meningkatkan pemahaman konsep
siswa pada materi Pemanasan Global. Penelitian ini merupakan penelitian dan
pengembangan R&D yang bertujuan menghasilkan produk untuk mengetahui
kelayakan media dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep berbantuan
aplikasi adobe animate pada materi pemanasan global. Model pengembangan yang
digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yaitu analyze, design,
development, implementation, dan evaluation. Instrument yang digunakan pada
penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket kebutuhan, validasi ahli, dan
indikator pemahaman konsep. Penelitian ini diujicobakan secara terbatas pada salah
satu kelas XI di SMAN 6 Kota Bengkulu untuk mengetahui peningkatan
pemahaman konsep peserta didik terhadap terhadap media pembelajaran interaktif
berbantuan aplikasi adobe animate pada materi pemanasan global. Hasil yang
diperoleh dari penelitian ini yaitu media pembelajaran interaktif berbantuan adobe
animate untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa termasuk dalam kategori
sangat layak dengan persentasi 93% dan N-gain yang didapat dari pretest dan
posttest diperoleh hasil 0,70 termasuk dalam kategori sedang. Rata-rata siswa
mengalami peningkatan pemahaman konsep setelah menggunakan media interaktif
berbantuan adobe animate.
Kata kunci: media pembelajaran interaktif, abobe animate, model pengembangan
ADDIE, peningkatan pemahaman konsep
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 04:10 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 04:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22462 |