Utami, Pranesti Nita and Risdianto, Eko and Hamdani, Dedy (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS NEARPODTERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS XI PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA DI SMA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PRANESTI NITA UTAMI_A1E020032_SKRIPSI UNTUK PERPUS UNIB LENGKAP - Pranesti Nita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Media pembelajaran mempunyai peran yang penting dalam proses
pembelajaran. Dengan menggunakan media dalam pembelajaran menjadikan
proses belajar mengajar lebih efektif, menarik, dan membantu guru serta siswa
dalam belajar. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media
Nearpod. Nearpod merupakan aplikasi berbasis web yang memiliki banyak fitur
menarik yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. Siswa cenderung
merasa bosan dengan metode belajar yang konvensional. Untuk itu dilakukan
proses belajar dengan menggunakan media pembelajaran Nearpod dengan model
pembelajaran Problem Based Learning. Pengaruh penggunaa media pembelajaran
berbasis Nearpod diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berfikir tingkat
tinggi siswa SMA. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Quasy Eksperimen.
Penelitian ini biasa digunakan untuk mengukur suatu pengaruh variabel. Variabel
bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran Neapod serta variabel
terikat dalam penelitian adalah kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh besar pengaruh media pembelajaran
Nearpod terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa yang diukur
menggunakan Effect Size diperoleh nilai sebesar 0,4052 dengan kriteria sedang.
Selain mengukur besar pengaruh pada penelitian ini juga mengukur hasil
peningkatan kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa dengan menggunakan N�gain dan diperoleh nilai pada kelas eksperimen sebesar 0,7136 dengan kriteria
tinggi dan pada kelas kontrol sebesar 0,6454 dengan kriteria sedang.
Kata kunci : Media pembelajaran, Nearpod , Kemampuan Berfikir Tingkat
Tinggi, Model Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 04:10 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 04:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22464 |