Refiana, Refiana and Risdianto, Eko and Purwanto, Andik (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI MEDAN MAGNET DI SMAN KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
REFIANA (A1E017016) - Refiana _.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan dan persepsi media
pembelajaran mind mapping berbasis web untuk meningkatkan pemahaman
konsep siswa pada materi medan magnet yang baik dari peserta didik. Penelitian
ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 3D dengan
langkah-langkah pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Teknik
pengumpulan datanya adalah teknik non tes yang menggunakan data observasi,
telaah dokumen, dan angket. Teknik analisis data adalah metode deskriptif,
kualitatif, dan kuantitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah
guru fisika dan peserta didik kelas XII di SMA 9 Kota Bengkulu. Hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mind mapping yang
dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat layak dengan persentase rata-rata
sebesar 86%, sehingga layak untuk diuji keterbacaannya sehingga mendapatkan
penilaian persepsi sangat baik dengan rata-rata persentase 87%.
Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran, Mind Mapping,
Web, Pemahaman Konsep, Medan Magnet
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 04:10 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 04:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22465 |