PENGARUH P EN G GU N A A N E-MODULE BERBANTUAN eXeLearning TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA KELAS XI IPA SMA

Fannesa, Roleana Safetr and Risdianto, Eko and Medriati, Rosane (2024) PENGARUH P EN G GU N A A N E-MODULE BERBANTUAN eXeLearning TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA KELAS XI IPA SMA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
ROLEANA SAFETRI FANNESA_A1E020036_SKRIPSI PERPUS UNIB LENGKAP - Roleana Safetri Fannesa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Apakah adanya Pengaruh
Penggunaan E-Module Berbantuan eXeLearning Terhadap Hasil Belajar Kognitif
Siswa Pada Materi Gelombang Cahaya Kelas XI IPA SMA; (2) Seberapa Besarnya
Peningkatan dari Pengaruh Penggunaan E-Module Berbantuan eXeLearning Terhadap
Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Gelombang Cahaya Kelas XI IPA SMA.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen yaitu quasi eksperimen dan desain penelitian nonequivalent control
group design. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan siswa
kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 di SMAN 7 Kota Bengkulu sebanyak 72 orang. Teknik
pengambilan sampel berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian
menggunakan soal pretest dan posttest sebanyak 10 soal essai. Hasil penelitian ini
menunjukkann adanya pengaruh hasil belajar antara kelas eksperimen yang diajarkan
menggunakan E-Module berbantuan eXeLearning dan kelas kontrol yang diajarkan
dengan pembelajaran langsung menggunakan buku cetak. Rata-rata pretest kelas
eksperimen sebesar 50,97 dan rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 45,47 sedangan
setelah dilakukan proses pembelajaran hasil rata-rata posttest kelas eksperimen
sebesar 81,14 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 78,50. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan
E-Module berbantuan eXeLearning dibandingkan dengan siswa yang diajarkan
dengan metode ceramah.
Kata kunci : Media Pembelajaran, E-Module, eXeLearning Hasil Belajar, Penelitian
dan Pengaruh

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:10
Last Modified: 16 Oct 2024 04:10
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22467

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200