Musfita, Fiona sarah and Nopiyanto, Yahya Eko and Sutisyana, Ari (2024) INTEGRASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PENJAS DI SMPN 01 BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Fiona Sarah Musfita, Perpus UNIB_compressed-dikompresidikompresi_compressed-dikompresi (1) - fiona sarahmusfita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Fokus masalah dalam penelitian ini bagaimana integrasi profil pelajar pancasila
dalam pembelajaran penjas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses
menyatukan nilai-nilai dan elemen Profil Pelajar Pancasila ke dalam kurikulum dan
pembelajaran penjas di SMPN 01 Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian deskriptif, dengan desain penelitian kualitatif. Tempat penelitian
di SMPN 01 Bengkulu Tengah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis
skala likert dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini mendapatkan hasil
wawancara dengan 4 guru olahraga , dokumentasi berupa gambar dalam proses
pembelajaran, observasi mendapatkan hasil 83% termasuk ke dalam kategori
tinggi, dan hasil dari kuesioner dengan 50 peserta didik dengan 30 pertanyaan
mendapatkan hasil 77% termasuk ke dalam kategori tinggi, mean atau rata-rata
dari ke dua hasil tersebut mendapatkan nialai rata-rata 80% termasuk kedalam
kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa guru olahraga sudah
mengintegrasikan profil pelajar pancasila dalam pembelajaran penjas.
Kata Kunci: Integrasi, Profil Pelajar Pancasila, Pengetahuan, Penjas.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 04:15 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 04:15 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22510 |