PENGARUH MEDIA KARTU FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK KELOMPOK B DI TK FATMA KENANGA KOTA BENGKULU

Yanti, Fenti Sukma and Wembrayarli, Wembrayarli and Ardina, Mona (2024) PENGARUH MEDIA KARTU FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK KELOMPOK B DI TK FATMA KENANGA KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
FENTI SUKMA YANTI,SKRIPSI ,,,, - fenti sukma yanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan membaca anak kelompok b masih perlu ditingkatkan karena sejumlah alasan
adapun faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca yaitu motivasi, lingkungan
keluarga, dan bahan bacaan. dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media
kartu flash card terhadap kemampuan membaca anak kelompok B di TK Fatma Kenanga
Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen, desain
penelitian menggunakan desain pretest-postest control group design, dan pendekatan yang
digunakan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah
seluruh anak kelas B di TK Fatma Kenanga Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 14 anak. Pengumpulan data yang digunakan yaitu tes berupa Lka ( Lembar
Kerja Anak). Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Uji hipotesis tes yang
dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan hasil hitung uji t
independen sample test menunjukkan nilai signifikan 1,000 > dari nilai 0,05 maka dapat
disimpulkan ada perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil nilai kemampuan
membaca anak pada kelas kontrol diperoleh nilai 68, sedangkan kelas eksperimen dengan
nilai 66,5. dengan demikian dapat disimpulkan tidak terdapat pengaruh media flash card
terhadap kemampuan membaca anak. Saran untuk penelitian lanjutan adalah bahwa
penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan tambahan dan masukan dalam memilih
media pembelajaran yang paling sesuai untuk anak. Guru harus memiliki kemampuan
untuk menguasai pembelajaran secara efektif dan menarik minat anak untuk belajar.
Kata Kunci: Media Kartu Flash Card, Kemampuan Membaca, Anak Kelompok B

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 17 Oct 2024 01:22
Last Modified: 17 Oct 2024 01:22
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22533

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200