PERBEDAAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA PEMBELAJARAN SENTRA DAN PEMBELAJARAN KELOMPOK DI KELOMPOK B SEKECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU

Putri, Feranika Adelia and Ardina, Mona and Daryati, Melia Eka (2024) PERBEDAAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA PEMBELAJARAN SENTRA DAN PEMBELAJARAN KELOMPOK DI KELOMPOK B SEKECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
FERANIKA ADELIA PUTRI_A1I020010 - Feranika Adelia Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi perbedaan keterampilan motorik halus
antara anak-anak yang mengikuti pembelajaran sentra dan pembelajaran kelompok di
PAUD As-Salam dan TK Islam Insan Intani Kota Bengkulu. Metode penelitian
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex post facto. Populasi penelitian
adalah seluruh anak kelompok B di kedua PAUD tersebut, dengan jumlah sampel
terdiri dari 24 anak yang dipilih secara purposive sampling. Data keterampilan
motorik halus dikumpulkan melalui aktivitas menggunting, menempel, dan
menyusun. Hasil analisis menunjukkan perbedaan signifikan dalam keterampilan
motorik halus antara anak yang mengikuti pembelajaran sentra dan kelompok. Anak�anak dalam pembelajaran sentra menunjukkan peningkatan keterampilan motorik
halus yang lebih besar dibandingkan anak-anak dalam pembelajaran kelompok. Hasil
uji Independent Sample t-Test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.046, yang
lebih kecil dari 0.05, mengindikasikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan
hipotesis nol (Ho) ditolak. Temuan ini mendukung teori bahwa pembelajaran berbasis
sentra memberikan stimulus yang lebih baik dalam mengembangkan keterampilan
motorik halus anak usia dini. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi
pendidik dan pengelola PAUD untuk mempertimbangkan metode pembelajaran
sentra sebagai alternatif efektif dalam program pendidikan anak usia dini. Diharapkan
hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap praktik pendidikan
anak usia dini khususnya dalam pengembangan keterampilan motorik halus.
Kata Kunci:Keterampilan Motorik Halus, Pembelajaran Sentra, Pembelajaran
Kelompok, Pendidikan Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 17 Oct 2024 01:22
Last Modified: 17 Oct 2024 01:22
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22534

Actions (login required)

View Item
View Item