Arianti, Nithea and Daryati, Melia Eka and Wembrayarli, Wembrayarli (2024) PENGARUH MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK PADA KELOMPOK B. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NITHEA ARIANTI -A1I020074.1 - Nithea Arianti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penggunaan media pembelajaran pada anak usia dini memiliki peranan yang sangat
penting pada kegiatan mengajar. Media pembelajaran yang sederhana dapat
digunakan dalam belajar berhitung dan mengenal angka. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui perbedaan kemampuan berhitung antara kelompok anak yang
menggunakan media pembelajaran sederhana terhadap kemampuan berhitung anak
pada kelompok B di PAUD Azizah Dan PAUD Nusantara Bengkulu Selatan.
Desain penelitian yang digunakan Quasy Experimental Design dengan Posttest
Only Group Design dan penelitian ini menggunakan instrumen lembar tes. Sampel
dalam penelitian ini adalah seluruh anak PAUD Azizah kelas B menggunakan
kelompok ekperimen dan PUAD Nusantara kelas B menggunkan kelompok
kontrol. Teknik pemilihan sekolah dilakukan secara purposive sampling dengan
menggunakan lottery. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Independent
Sample T-test menyatakan bahwa sig(2-Tailed) 0,002 artinya < 0,05. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan berhitung antara anak
yang belajar dengan media kantong bilangan dan media papan hitung pada
kelompok B di PAUD Azizah Dan PAUD Nusantara. Disarankan (1) bagi guru
dalam pembelajaran kognitif guru menerapkan media pembelajaran yang bevariatif
sehingga dapat menarik minat peserta didik dalam mengikuti Pelajaran (2) peneliti
selanjutnya hendanya peneliti mampu menciptakan suasana yang menyenangkan
melalui media pembelajaran yang menarik minat anak, misalnya melalui media
kantong bilangan dan papan hitung.
Kata Kunci: Media kantong bilangan, Kemampuan Berhitung, perbedaan
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 01:30 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 01:30 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22543 |