Rejabbilaisyah, Rejabbilaisyah and Yanti, Fitri and Agustriana, Nesna (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF BERBASIS WORDWALL UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rejabbilaisyah_A1I020067 - Rejabbil Aisyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Sebagian anak mengalami kendala dalam mengembangkan kemampuan
kognitif berpikir simbolik. Padahal kemampuan kognitif berpikir simbolik ini
sangat penting untuk perkembangan anak, hal ini bisa berdampak pada berbagai
aspek pembelajaran, termasuk kemampuan membaca, menulis, dan memecahkan
masalah matematika. Selain itu, media pembelajaran yang digunakan masih
kelasik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media Game Edukatif
Berbasis Wordwall serta menguji kelayakan sebagai media pembelajaran untuk
menstimulasi kemampuan berpikir simbolik anak. Penelitian ini menggunakan
metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan dari Borg
and Gall. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang
divalidasi oleh ahli media, ahli materi, serta guru dan observasi. Hasil penilaian dari
ahli media, ahli materi, dan penilaian guru memperoleh tingkat kevalidan dengan
kategori sangat layak. Hasil observasi anak juga menunjukkan bahwa media game
edukatif berbasis wordwall ini efektif untuk menstimulasi perkembangan kognitif
bagi anak usia 5-6 tahun. Dengan demikian, penelitian ini memiliki manfaat untuk
memberikan kontribusi yang berarti bagi bidang pendidikan anak usia dini,
khususnya dalam mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif
untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolik.
Kata Kunci : Berpikir Simbolik, Edukatif, Menstimulasi, Pengembangan Game
Wordwall.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 01:31 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 01:31 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22546 |