Octarina, Merlyn and Ardina, Mona and Indrawati, Indrawati (2024) PENGARUH PERMAINAN MENJAHIT POLA TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DI PAUD IT CENDIKIA KURNIA RAMADHAN KABUPATEN LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI Merlyn Octarina-A1I020071 - Merlyn Octarina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan menjahit
pola terhadap keterampilan motorik halus anak usia dini. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasy
Experimentt dan jenis desain The Matching Only Group Pretest-Posttest
Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak
kelompok B di PAUD IT CENDIKIA KURNIA RAMADHAN
Kabupaten Lebong. Sampel penelitian sebanyak 28 anak dengan
menggunakan Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah tes. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa permainan menjahit pola pada kelas
eksperimen sebesar 85,14 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol
pembelajaran dengan permainan menggunting dan menempel seperti
biasa yang dilaksanakan pada proses kegiatan belajar mengajar sebesar
67,71. Artinya, kelas eksperimen yang diberikan perlakuan/treatment
mendapatkan perbedaan nilai yang signifikan dibandingkan dengan
kelas kontrol. Disarankan kepada guru dapat dijadikan alternatif
pembelajaran dapat menstimulasi keterampilan motorik halus anak usia
dini.
Kata Kunci : Permainan Menjahit Pola, Keterampilan Motorik Halus
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 02:50 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 02:50 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22562 |