Karmita, Tiara and Kurniah, Nina and Suryadi, Didik (2024) PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://[https:%2F%2Frepository.unib.ac.id%2Fcgi]/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI TIARA KARMITA A1I019029 - Tiara Karmita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
berpikir simbolik pada anak melalui penggunaan media papan pintar.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian tindakan
kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus, setiap siklusnya dilaksanakan
dengan 3 kali pertemuan. Subjek pada penelitian ini yaitu anak
kelompok B TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Kepahiang yang
berjumlah 10 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 4 anak perempuan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi aktivitas
anak dan observasi aktivitas mengajar guru. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu uji rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa dengan menggunakan media papan pintar dapat
meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak, karena pada saat
proses pembelajaran melibatkan anak secara langsung dan materi yang
disampaikan juga sesuai dengan perkembangan anak serta dilaksanakan
dengan menarik dilihat dari siklus II pertemuan ketiga penggunaan
media papan pintar memproleh persentase delapan puluh persen. Oleh
karena itu disarankan kepada guru agar dapat menggunakan media
papan pintar ini pada saat pembelajaran karena dapat meningkatkan
kemampuan berpikir simbolik anak.
Kata kunci: berpikir simbolik, media papan pintar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 02:51 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 02:51 |
URI: | https://[https:%2F%2Frepository.unib.ac.id%2Fcgi]/id/eprint/22573 |