PENGARUH PENGGUNAAN HANDOUT MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU

Sari, Desi Permata and Lubis, Indra Sakti and Defianti, Aprina (2024) PENGARUH PENGGUNAAN HANDOUT MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI DESI PERMATA SARI - Desi permata sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan handout terhadap hasil belajar pada materi interaksi makhluk hidup dengan
lingkungan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu.
Penelitian ini menggunakan model nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian
ini adalah kelas VII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu dengan sampel kelas VII A dan VII B
berjumlah 30 orang. Hasil perhitungan uji-t pada thitung 2,75 dan ttabel 2,002 membandingkan thit >
ttab (2,75 > 2,002) dengan taraf signifikan 5%. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji
peningkatan hasil belajar N-gain 0,634 kategori sedang. Hasil penelitian disimpulkan bahwa ada
pengaruh yang signifikan penggunaan handout interaksi makhluk hidup dengan
lingkunganterhadap hail beslajar siswa dan hasil belajar mengalami peningkatan dengan kategori
sedang.
Kata kunci : Handout, Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 17 Oct 2024 04:23
Last Modified: 17 Oct 2024 04:23
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22600

Actions (login required)

View Item
View Item