Notesyia, Vellia and Yani, Ariefa P and Defianti, Aprina (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI BERBANTUAN ADOBE ANIMATE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPIT GENERASI RABBANI KOTA BENGKULU. UNSPECIFIED thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
VELLIA NOTESYIA-A1M019034_compressed (1) - Vellya Notesya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan media animasi berbantuan adobe animate
pada meteri sistem pernapasan pada manusia terhadap hasil belajar dan peningkatan hasil
belajar siswa SMPIT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Jenis penelitian yangditerapkan
adalah quasi experiment research tipe nonequivalent kontrol group design. Penelitian ini
menggunakan dua kelompok sampel, yaitu sampel kelompok eksperimen yang berjumlah 17
orang dan sampel kontrol yang berjumlah 16 orang. Berdasarkan pengujian hipotesis statistik
dengan independent sample t-test (α = 0,05) didapatkannilai taraf signifikansi 0,000 < 0,05
dan nilai thitung > ttabel, dimana 5,884 > 2,03 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Maka,
dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran inukiri
terbimbing dengan menggunakan media animasi berbantuan adobe animate terhadap hasil
belajar siswa SMPIT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Penerapan model pembelajaran
inkuiri terbimbing dengan menggunakan media animasi berbantuan adobe animate dapat
meingkatkan hasil belajar siswa SMPIT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Hal ini
ditunjukkan oleh nilai rata-rata N-Gain yang diperoleh sebesar 0,78 dalam kategori tinggi.
Kata kunci: inkuiri terbimbing, adobe animate, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Science Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 04:34 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 03:13 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22604 |