Sari, Delta Novita and Nurhamidah, Nurhamidah and Wiwit, Wiwit (2024) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI MENGGUNAKAN TEST DIAGNOSTIC ESSAY BERBANTUAN CRI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Delta Novita Sari A1F020021 Pendkimi - Delta Novita Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa yang terjadi pada materi
stoikiometri dengan menggunakan instrumen test diagnostic essay berbantuan Certainty
Of Response Index (CRI). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan
dilakukan di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Sampel uji coba lapangan penelitian ini yaitu
24 siswa kelas X MIPA 1 dan sampel implementasi 27 siswa kelas X MIPA 2. Hasil
penelitian menunjukkan seluruh butir soal valid berdasarkan uji validasi ahli, namun satu
soal tidak direkomendasikan untuk digunakan karena tidak spesifik. Hasil uji validasi
empiris diperoleh 17 butir soal fit dan 2 butir soal misfit dari 19 butir soal yang diuji
cobakan. Hasil uji daya beda diperoleh 19 butir soal yang diuji cobakan termasuk dalam
kategori daya beda bagus dengan nilai logit standar error (SE) 19 butir soal < 0,5.
Persentase miskonsepsi yang didapatkan pada penelitian ini yaitu sebesar 25%, persentase
paham konsep sebesar 52%, dan persentase tidak paham konsep sebesar 23%. Tingkat
miskonsepsi berdasarkan nilai persentase yang didapatkan termasuk dalam kategori
miskonsepsi rendah. Miskonsepsi tertinggi terletak pada konsep penentuan massa produk
dengan persentase miskonsepsi yang diperoleh sebesar 52% termasuk dalam kategori
sedang.
Kata kunci : miskonsepsi, tes diagnostic essay, stoikiometri
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 07:33 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 07:33 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22611 |