Puspariyani, Aurelia Ratih and Handayani, Dewi and Amir, Hermansyah (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA FASE E DENGAN TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
Skripsi Aurelia Ratih Full - Wardah Izzati Agustiningtias.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan e-modul proyek penguatan 
profil pelajar Pancasila dengan tema gaya hidup berkelanjutan. Penelitian ini 
dilakukan pada bulan Maret sampai dengan Juli 2024 di SMA Negeri 1 Kota 
Bengkulu, dengan subjek penelitian yaitu 31 peserta didik kelas XA. Penelitian ini 
bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan e-modul dan respons peserta didik 
terhadap e-modul. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D 
(define, design, develop, dan disseminate) yang dibatasi pada tahap develop. 
Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar wawancara, angket kebutuhan peserta 
didik, lembar validasi, dan angket respon peserta didik. Dari hasil penelitian ini 
diperoleh (1) tingkat kelayakan e-modul memiliki kategori sangat layak dengan 
skor 93,8%, (2) hasil uji respons peserta didik terhadap e-modul modul 
mendapatkan skor 88,1% dengan kategori sangat baik. E-modul yang 
dikembangkan ini bersifat fleksibel dimana dapat diakses dengan mudah 
menggunakan smartphone yang tersambung ke jaringan internet dimana saja dan 
kapan saja. E-modul ini juga dapat digunakan secara mandiri maupun kelompok 
yang dilengkapi dengan penjelasan, gambar dan video. Hal ini berarti e-modul 
proyek penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema gaya hidup berkelanjutan
baik untuk digunakan dalam kegiatan P5.
Kata Kunci: E-modul, Profil Pelajar Pancasila, Gaya Hidup Berkelanjutan
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education | 
| Depositing User: | septi | 
| Date Deposited: | 18 Oct 2024 02:23 | 
| Last Modified: | 18 Oct 2024 02:23 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22621 | 

