Agustiningtias, Wardah Izzati and Handayani, Dewi and Nurhamidah, Nurhamidah (2024) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM ELEKTRONIK BERBASIS STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) PADA TOPIK SAPONIFIKASI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
WARDAH IZZATI AGUSTININGTIAS_A1F020034_SKRIPSI - Wardah Izzati Agustiningtias.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
WARDAH IZZATI AGUSTININGTIAS_A1F020034_SKRIPSI - Wardah Izzati Agustiningtias.pdf
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (Research and
Development) yang mengembangkan penuntun praktikum elektronik berbasis
STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) pada topik
saponifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum
elektronik yang layak, mengetahui respons mahasiswa dan mengetahui kemampuan
psikomotorik mahasiswa saat menggunakan penuntun praktikum elektronik
berbasis STEAM. Pengembangan ini menggunakan model 4D (Define, Design,
Development, Disseminate) yang dibatasi sampai tahap development. Penelitian ini
dilakukan di Universitas Bengkulu dengan subjek penelitian yaitu 22 mahasiswa
semester IV kelas B untuk uji coba skala kecil dan 21 mahasiswa semester IV kelas
A untuk uji coba skala besar. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar
wawancara, angket kebutuhan, lembar validasi, angket respons mahasiswa dan
lembar penilaian psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1)
Penuntun praktikum elektronik berbasis STEAM yang dikembangkan layak
digunakan dengan persentase kevalidan sebesar 87,8% dengan kriteria sangat valid
(2) Respons mahasiswa terhadap penuntun praktikum elektronik berbasis STEAM
termasuk ke dalam kriteria sangat baik dari semua aspek dengan rata-rata persentase
sebesar 93,1% (3) Hasil penilaian psikomotorik mahasiswa saat menggunakan
penuntun praktikum elektronik berbasis STEAM termasuk ke dalam kriteria sangat
baik, dengan persentase 95,2% untuk tahap persiapan; 89,7% untuk tahap
pelaksanaan dan 97,6% untuk tahap akhir, dengan persentase rata-rata sebesar
94,2%.
Kata kunci : Penuntun praktikum elektronik, STEAM, Saponifikasi
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 02:24 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 02:24 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22631 |