PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM ELEKTRONIK BERBASIS STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) PADA TOPIK SAPONIFIKASI

Agustiningtias, Wardah Izzati and Handayani, Dewi and Nurhamidah, Nurhamidah (2024) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM ELEKTRONIK BERBASIS STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) PADA TOPIK SAPONIFIKASI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
WARDAH IZZATI AGUSTININGTIAS_A1F020034_SKRIPSI - Wardah Izzati Agustiningtias.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[thumbnail of WARDAH IZZATI AGUSTININGTIAS_A1F020034_SKRIPSI - Wardah Izzati Agustiningtias.pdf]
Preview
Text
WARDAH IZZATI AGUSTININGTIAS_A1F020034_SKRIPSI - Wardah Izzati Agustiningtias.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (Research and
Development) yang mengembangkan penuntun praktikum elektronik berbasis
STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) pada topik
saponifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum
elektronik yang layak, mengetahui respons mahasiswa dan mengetahui kemampuan
psikomotorik mahasiswa saat menggunakan penuntun praktikum elektronik
berbasis STEAM. Pengembangan ini menggunakan model 4D (Define, Design,
Development, Disseminate) yang dibatasi sampai tahap development. Penelitian ini
dilakukan di Universitas Bengkulu dengan subjek penelitian yaitu 22 mahasiswa
semester IV kelas B untuk uji coba skala kecil dan 21 mahasiswa semester IV kelas
A untuk uji coba skala besar. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar
wawancara, angket kebutuhan, lembar validasi, angket respons mahasiswa dan
lembar penilaian psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1)
Penuntun praktikum elektronik berbasis STEAM yang dikembangkan layak
digunakan dengan persentase kevalidan sebesar 87,8% dengan kriteria sangat valid
(2) Respons mahasiswa terhadap penuntun praktikum elektronik berbasis STEAM
termasuk ke dalam kriteria sangat baik dari semua aspek dengan rata-rata persentase
sebesar 93,1% (3) Hasil penilaian psikomotorik mahasiswa saat menggunakan
penuntun praktikum elektronik berbasis STEAM termasuk ke dalam kriteria sangat
baik, dengan persentase 95,2% untuk tahap persiapan; 89,7% untuk tahap
pelaksanaan dan 97,6% untuk tahap akhir, dengan persentase rata-rata sebesar
94,2%.
Kata kunci : Penuntun praktikum elektronik, STEAM, Saponifikasi

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 02:24
Last Modified: 18 Oct 2024 02:24
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22631

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200