Rahimah, Dewi and Susanto, Edi (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASEDLEARNING MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKAKELAS VIII SMPN 17 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
(Bebas Pustaka) SKRIPSI RAHADI BIMANSAH - Rahadi Bimansah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Problem Based
Learning materi Statistika untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika
kelas VIII SMPN 17 Kota Bengkulu yang valid, praktis, dan memberikan efek
potensial serta mengetahui kesulitan peserta didik saat menggunakan LKPD.
Penelitian ini merupakan penelitian desain dengan menggunakan tipe development
studies yang terdiri atas tahap preliminary dan tahap prototyping dengan alur
formative evaluation yaitu self-evaluation, one to one, expert review, small group,
dan field test. Instrumen penelitian terdiri atas angket, lembar soal tes pemahaman
konsep matematis, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning termasuk dalam kategori:
(1) valid berdasarkan hasil revisi LKPD melalui tahap expert review dan one to one;
(2) praktis berdasarkan hasil revisi LKPD melalui tahap small group; (3) memiliki
efek potensial untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika; (4) terdapat
beberapa kesulitan peserta didik saat menggunakan LKPD yaitu kesulitan
memahami petunjuk dan langkah-langkah, kesulitan memahami kegiatan dan
permasalahan, kesulitan mengolah informasi, dan kesulitan bekerja sama dalam
kelompok.
Kata Kunci: LKPD, Pemahaman Konsep Matematika, Penelitian Desain,
Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 02:25 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 02:25 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22633 |