PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII UNTUKMENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Nisa, Hikmah Hidayati Khairun and Yensy, Nurul Astuty and Stiadi, Elwan (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII UNTUKMENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
A1C02038_Hikmah_Skripsifull - Hikmah Hidayati Khairunnisa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk LKPD. Latar belakang dalam
penelitian adalah kurang optimalnya penggunaan bahan ajar dalam proses
pembelajaran. Pada saat proses pembelajaran peserta didik menggunakan buku paket
sebagai panduan materi dan LKS sebagai latihan soal, untuk latihan soal yang diberikan
belum dikhususkan untuk pemahaman konsep. Oleh karena itu di kembangkan lembar
kerja peserta didik berbasis pendekatan saintifik dengan tujuan untuk menghasilkan
LKPD berbasis pendekatan saintifik materi kubus dan balok kelas VIII SMP Negeri 10
Kota Bengkulu yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian
desain (Development studies) dengan menggunakan model pengembangan tipe
formative research yang terdiri dari 2 tahapan utama yaitu: tahapan preliminary dan
formative evaluation. Pada tahap formative evaluation meliputi self evaluation,
prototyping (expert review, one-to-one dan small group) serta field test. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa LKPD berbasis pendekatan saintifik dinyatakan valid berdasarkan
aspek materi, konstruk dan bahasa, LKPD ini dikatakan sangat praktis dengan skor rata�rata berturut yaitu 96,96% dan 90,94%, LKPD memenuhi kriteria efektif berdasarkan
hasil ketuntasan klasikal belajar, dimana 86,20% peserta didik mencapai nilai di atas 75,
perhitungan uji T didapatkan bahwa bahwa nilai signifikansi sebesar 0,00, dimana nilai
sig < 0,05, maka ÿ0 ditolak. Hal ini berarti adanya pengaruh yang signifikan antara
pretest dan posttest kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik sebelum
dan sesudah pembelajaran menggunakan dan didapatkan nilai N-Gain yaitu 0,68 dengan
kriteria cukup efektif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa LKPD berbasis
pendekatan saintifik menjadi bahan ajar yang valid, praktis, dan efektif untuk
kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kubus dan Balok,
LKPD, Pendekatan Saintifik.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 02:25
Last Modified: 18 Oct 2024 02:25
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22634

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200