PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 7 KOTA BENGKULU

Dimas, Iqbal Martha and Rahimah, Dewi and Siagian, Teddy Alfran (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 7 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
A1C020039_Iqbal Martha Dimas_Pendidikan Matematika 2024 - Iqbal Martha Dimas.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (KPMM) yang masih rendah
terlihat dari hasil survey PISSA dan TIMSS. Hal ini karena kurangnya penerapan
model pembelajaran yang dapat membimbing peserta didik untuk melatih
kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Salah satu upaya untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah melalui Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning yang memuat
langkah pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menghasilkan LKPD
berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematis yang memenuhi kriteria valid berdasarkan hasil perbaikan
catatan dari validator sesuai dengan aspek isi, konstruksi, dan bahasa, memenuhi
kriteria praktis berdasarkan penilaian oleh peserta didik dan guru yang telah sesuai
dengan usefulness, ease of use, ease of learning, dan satisfication. Kesulitan yang
dijumpai yaitu peserta didik belum terbiasa menggunakan LKPD yang berbasis
Problem Based Learning yang memuat langkah pemecahan masalah. LKPD
dinyatakan memiliki potensi efektivitas berdasarkan ketuntasan belajar klasikal
yaitu sebersar 83,3% peserta didik memperoleh nilai g 68.
Kata Kunci: LKPD, Problem Based Learning, Pemecahan Masalah, Penelitian
Desain, Development Studies

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 02:54
Last Modified: 18 Oct 2024 02:54
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22641

Actions (login required)

View Item
View Item